Citizen Reporter

Air Terjun Sumber Jodo di Desa Medowo Kandangan Kediri, harus Berjuang Ekstra untuk Sampai Lokasi

Air Terjun Sumber Jodo di Desa Medowo Kandangan Kabupaten Kediri, harus berjuang ekstra untuk sampai lokasi.

Air Terjun Sumber Jodo di Desa Medowo Kandangan Kediri, harus Berjuang Ekstra untuk Sampai Lokasi
foto: istimewa
Air Terjun Sumber Jodo di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. 

Air terjun yang berada di Kabupaten Kediri ujung timur itu belum banyak didatangi. Letaknya yang tersembunyi di dalam rimbun perkebunan kopi di sekitar Desa Medowo, Kecamatan Kandangan itu tersimpan keeksotisan tiada dua.

Tak mudah mencapai air terjun itu. Dari pemukiman warga pengunjung harus naik ke bukit terjal. Diawali dengan jalan bebatu yang licin menembus perkebunan kopi hingga jalan setapak menanjak harus dilalui untuk sampai di sekitar air terjun Sumber Jodo ini.

Namun, lelah ketika mendaki perbukitan sirna saat melihat air terjun di kaki pegunangan Anjasmoro itu. Keindahan tiada tara dan kesejukan embun menerpa wajah ini pun membuat kepuasan tersendiri setelah berjuang datang ke tempat itu.

Terlebih dahaga pun sirna kala kerongkongan kering teraliri air sumber yang sangat sangat jernih. Sumariyadi, Jogoboyo Desa Medowo minum air bening itu.

“Jarang ada yang tahu air terjun Sumber Jodo ini karena medannya memang masih sulit,” terang Sumariyadi saat ditemui Minggu (27/1/2019).

Pria berumur 50 tahun itu menerangkan, Sumber Jodo memiliki dua tingkat. Karena saking indahnya, sumber yang masih alami ini oleh perangkat dusun hendak dijadikan tempat wisata. Namun, mereka masuk mengajukan ke tingkat desa.

Menurut Sumari, banyak potensi wisata di sekitar air terjun Sumber Jodo yang belum dikenal masyarakat.

Potensi wisata di antaranya gua landak, situs jeding peninggalan Belanda, tebing untuk panjat tebing, serta ada tempat di atas air terjun yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan dari atas bukit.

“Tempat itu seperti tempat untuk paralayang di Batu yang bisa melihat hamparan Kota Batu. Bedanya dari tebing itu bisa dilihat perkampungan di bawahnya,” ungkap bapak dua anak itu.

Sumber itu dinamakan Sumber Jodo konon menurut sesepuh desa dulunya sumber itu mempertemukan dua insan yang sama-sama merantau ke tempat itu.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved