Advertorial

Pemkot Surabaya Kembangkan Interaksi dan Kreativitas Warga dengan Ruang Publik

Pemkot Surabaya punya rencana matang dalam mengembangkan kawasan Balai Pemuda, berupa ruang publik Alun-Alun Surabaya

Pemkot Surabaya Kembangkan Interaksi dan Kreativitas Warga dengan Ruang Publik
istimewa
Rencana desain pembangunan komplek Balai Pemuda Surabaya 

SURYA.co.id - Pemkot Surabaya punya rencana matang dalam mengembangkan kawasan Balai Pemuda. Saat ini, pengerjaan ruang parkir bawah tanah Balai Pemuda telah rampung.

Jika tak ada aral melintang, pengembangan akan dilanjutkan hingga tembus ke persil Jalan Pemuda nomor 17. Rencananya, obyek di persil tersebut akan diberi nama Alun-Alun Surabaya.

Keberadaan Alun-Alun Surabaya sekaligus akan menambah ruang publik yang ada di Kota Pahlawan. Di bawah ‘nakhoda’ Wali Kota Tri Rismaharini, Pemkot Surabaya memang gethol menambah ruang publik.

Tujuannya, di samping sebagai tempat rekreasi dan mempercantik estetika kota, ruang publik juga berfungsi sebagai tempat interaksi dan sarana menyalurkan kreasi warga Surabaya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan sesuai arahan Wali Kota Risma bahwa Alun-Alun Surabaya akan dikonsep berbeda.

Alun-alun tersebut akan dilengkapi dengan amphitheater dan tribun tempat duduk untuk pertunjukan seni.

Tak hanya itu, di lahan seluas 8.570 meter persegi itu juga akan dibangun air mancur menari dan dome kaca yang futuristik, serta dilengkapi dengan patung Sawunggaling dan diorama sejarah tentang Kota Surabaya.

Eri menuturkan, Alun-Alun Surabaya nantinya akan terhubung dengan Balai Pemuda melalui basement atau lorong bawah tanah.

Jika ditotal keseluruhan luas area Balai Pemuda, basement dan Alun-alun Surabaya mencapai 1,46 hektare.

Halaman
1234
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved