Berita Malang Raya

Giat Cegah Kelahiran Bayi Stunting di Kabupaten Malang

Ia rutin memberikan pengarahan kepada pasien setiap kali memeriksakan kandungan di tempat praktiknya.

Giat Cegah Kelahiran Bayi Stunting di Kabupaten Malang
surya.co.id/istimewa
Giat cegah stunting di Kabupaten Malang 

SURYA.co.id | MALANG - Profesi bidan begitu vital bagi masyarakat, karena perannya sangat mempengaruhi keberhasilan persalinan, dan kesehatan ibu dan bayi.

Seiring dengan perkembangannya, bidan tak hanya sekadar sosok yang membantu persalinan tetapi juga membantu dalam tumbuh kembang anak.

Di era milenial seperti saat ini, bidan juga rutin memberikan penyuluhan informasi mengenai kesehatan dan pola hidup sehat.

Salah seorang bidan di Pagelaran, Kabupaten Malang, bernama Sri Hardini sudah mengabdikan dirinya kepada masyarakat selama 28 tahun.

Sosok kelahiran Malang, 50 tahun silam tersebut memaknai profesi sebagai bidan menjadi sebuah perjuangan dalam perjalanan hidupnya.

Perempuan yang membuka praktik di RT 42/ RW 04, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang itu awalnya tidak pernah terpikir menjadi bidan.

Ia pernah menempuh sekolah keguruan sebelumnya. Namun, karena motivasi orang tuanya, Sri Hardini memantapkan diri menjadi bidan ketika mengikuti P2B atau Program Pendidikan Bidan di RSUD Kanjuruhan Kepanjen pada pada 1989.

Kemudian ia melanjutkan studi D3 di Wirahusada Malang dan melanjutkan studi D4 di Universitas Tribuana Tunggadewi Malang pada tahun 1994.

Setelah menempuh studi, Hardini mulai membuka praktik kebidanan di Pagelaran pada tahun 1996.

"Saya pertama kali praktik bidan di Tuban, kala itu orang masih akrab melahirkan dengan bantuan dukun. Namun kemudian saya bisa membuktikan diri bisa melakukan persalinan. Sejak saat itu masyarakat mulai sadar melahirkan ke bidan," kenang Hardini di rumahnya, Minggu (27/1/2019).

Halaman
1234
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved