Kuliner

Sajian Tengkleng Spesial Jadi Salah Satu Menu Makanan Andalan Oakwood Hotel and Residence Surabaya

Sajian Tengkleng Spesial Jadi Salah Satu Menu Makanan Andalan Oakwood Hotel and Residence Surabaya

Sajian Tengkleng Spesial Jadi Salah Satu Menu Makanan Andalan Oakwood Hotel and Residence Surabaya
Surabaya.Tribunnews.com/Christine Ayu Nurchayanti
Sajian tengkleng spesial Oakwood Hotel and Residence Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Oakwood Hotel Surabaya, salah satu property serviced residance berbintang lima yang berlokasi di Jalan Raya Kertajaya Indah no 79, memiliki menu makanan andalan yang menjadi favorit para tamu.

Menu tersebut, tutur Sumarno, executive chef Oakwood Hotel and Residence, adalah di antaranya adalah tengkleng kambing spesial.

"Tengkleng ini menjadi salah satu menu spesial yang kami sajikan bagi para tamu," tutur juru masak spesialis masakan Indonesia, India, dan Cina ini.

Sajian berbahan dasar iga kambing yang disajikan oleh Oakwood Hotel and Residence Surabaya ini, lanjutnya, memiliki aroma yang lebih tajam jika dibandingkan tengkleng yang dijual di pasaran.

"Salah satu bahan untuk yang menjadikan sajian ini spesial adalah cardamon," tutur Sumarno.

Cardamom atau kapulaga digunakan dalam pembuatan tengkleng karena dapat memberi aroma yang lebih wangi dan sedap.

"Kalau di luar biasanya tengkleng hanya dimasak bumbu kare biasa, di sini masakannya beda. Taste dan aromanya lebih kuat," ungkap Sumarno.

Adapun cara pembuatan tengkleng spesial ini, Sumarno menjelaskan, pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan.

Antara lain yaitu iga kambing, marangi, cengkeh, daun jeruk, serai, katsuri, laos, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan seasoning.

"Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya membuat kuah tengkleng. Caranya, bumbu-bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, ditumis secara bersamaan sampai tercium aroma yang sedap. Kalau sudah,  air secukupnya," tutur Sumarno.

Kemudian, lanjutnya masukkan iga kambing yang telah direbus sebelumnya.

Rebus iga dalam kuah tengkleng kurang lebih selama empat puluh lima menit.

"Merebusnya menggunakan api yang kecil agar tidak merusak struktur iga kambingnya. Kalau api terlalu besar, dapat mengubah air rebusan menjadi lebih keruh," jelas Sumarno.

Setelah matang, tengkleng spesial ini siap untuk disantap.

Agar lebih mantap, Sumarno menyarankan agar tengkleng spesial ini dinikmati dengan lontong, tomat, bawang goreng, emping, dan sambal bacam.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved