Berita Surabaya

Caleg NasDem Dorong Semangat Kewirausahaan di Lingkungan Pesantren, begini Paparan Konsepnya 

Paparan konsep caleg partai NasDem terkait semangat kewirausahaan di lingkungan pesantren. 

Caleg NasDem Dorong Semangat Kewirausahaan di Lingkungan Pesantren, begini Paparan Konsepnya 
SURYAOnline/nuraini faiq
Caleg NasDem untuk DPR dari Dapil IV Jember-Lumajang Charles Meikyansah (tengah) saat menjadi narasumber tentang kewirausahaan di dunia pesantren. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Caleg partai NasDem untuk DPR dari Dapil IV (Jember-Lumajang) Charles Meikyansah terus mendorong semangat kewirausahaan di dunia pesantren.

Dia bahkan meyakini akan banyak start up yang lahir dari lingkungan pesantren.

"Tidak hanya para santri, para pengasuh juga perlu dibekali skill kewirausahaan. Perlu pelatihan tidak hanya santri dari balai latihan kerja khusus pangasuh. Harus didukung penuh para start up dari lingkungan pesantren," kata Charles, Senin (26/3/2019).

Saat ini, ungkapnya, pemerintah telah mengembangkan ekonomi keumatan seperti program Bank Wakaf Mikro di sejumlah pondok pesantren. Diharapkan dari pesantren akan muncul wirausahawan-wirausahawan muda dan membuat perusahaan rintisan (start up) yang nantinya bisa berjaya di Indonesia.

Charles mengatakan selama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memulai berbagai program pemberdayaan dan pelatihan di pesantren.

"Ada pengembangan Koperasi Pesantren di era Jokowi," lanjut Charles.

Dia berharap dalam dua atau tiga tahun mendatang, ada 1.000 pengusaha usaha mikoro kecil dan menengah (UMKM) yang berasal dari pondok pesantren. Mereka perlu bekal kewirausahaan, permesinan, hingga kemampuan bahasa asing.

Selain itu perlu pelatihan manajemennya, bagaimana menjalankan bisnis. Diyakini, hampir semua pengusaha UMKM itu belajar manajemen secara otodidak, belajar soal ekonomi secukupnya.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved