Berita Banyuwangi

Gubernur Khofifah Tinjau UNBK di 2 Sekolah di Banyuwangi dan Lakukan Ikhtiar Ini

Gubernur Khofifah Tinjau UNBK di 2 Sekolah di Banyuwangi dan Lakukan Ikhtiar Ini

Gubernur Khofifah Tinjau UNBK di 2 Sekolah di Banyuwangi dan Lakukan Ikhtiar Ini
Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Senin (25/3/2019). Fatimatuz zahroh 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Para siswa-siswi SMKN 1 Banyuwangi tak bisa menyembunyikan kegembiraan mereka saat disapa Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebelum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (25/3/2019) pagi. 

Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman dan didampingi Bupati Banyuwangi Azwar Anas menyapa langsung sekitar 200 an siswa SMKN 1 Banyuwangi yang akan ujian. 

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu memberikan pengarahan sejenak pada para siswa yang bakal melaksanakan ujian dan didoakan agar lancar mengerjakan soal ujian. 

"Nak, Ibu Khofifah, Pak Emil, dan jajaran Pemprov puasa untuk kalian. Semoga dilancarkan ya ujiannya," kata Khofifah saat menyalami para siswa dan siswi yang akan ujian sesi pertama dari tiga sesi yang ada.  

"Subhanallah ibu, terima kasih, doakan lulus ya, ibu," kata siswa yang disalami Khofifah.

Satu persatu siswa disalami Khofifah dan didoakan. Ia mendoakan agar siswa SMK di seluruh Jawa Timur yang ujian bisa dimudahkan.  Siswa yang selanjutnya berencana bekerja juga didoakan segera mendapatkan pekerjaan.  Begitu juga dengan yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi,  didoakan Khofifah bisa diterima di tempat yang diinginkan. 

"Yang mau ingin menikah, nanti dulu," tambahnya disambut tertawa para siswa. 

Lebih lanjut ibu empat anak ini mengatakan bahwa kegiatan meninjau pelaksanaan saat UNBK  ini seperti halnya yang ia lakukan saat Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone (USBNBKS).

"Kemarin saat USBNBKS yang saya kunjungi SMA yang di Surabaya. Berdasarkan UU No 23 Tahun 2014, kewenangan pengelolaan SMA/SMK ada dalam koordinsi Pemprov,  mumpung saya sedang di sini,  saya ikhtiarkan untuk meninjau persiapan UNBK di SMKN 1 Banyuwangi," kata Khofifah. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa seluruh OPD Pemprov turut mengawal jalannya siswa mengerjakan soal dengan berpuasa.  Khofifah ingin agar anak-anak Jawa Timur merasa bahwa pimpinan mereka turut hadir saat mereka berjuang menyelesaikan soal UNBK

"Jaringan OPD,  Pak Emil, saya rasa bahkan 2/3 OPD lah kita ikut berpuasa. Kami akan antarkan ikhtiar akhir mereka supaya mereka ketahui bahwa kami hadir dalam ujian mereka," tegasnya. 

Selain mengunjungi SMKN 1 Banyuwangi,  Khofifah juga meninjau pelaksanaan UNBK di SMA Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman mengatakan saat ini ada sebanyak 1.939SMK dengan siswa sebanyak 231.266 siswa yang serentak melaksakan UNBK.

"Kita menyiapkan sebanyak 3.678 server dan 106.059 klien.  Alhamdulilllah  semua lancar, terakhir kemarin sinkronisasi dengan pusat di SMKN 8 Surabaya," tegasnya. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved