Waspadai Gelombang Tinggi Terjadi di Perairan Jawa Timur Akibat Siklon Tropis Veronika

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Jatim akibat siklon tropis Veronika.

Waspadai Gelombang Tinggi Terjadi di Perairan Jawa Timur Akibat Siklon Tropis Veronika
KOMPAS.com/Iqbal Fahmi
info terbaru BMKG peringatan gelombang tinggi 

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Peringatan dini yang akan berlangsung selama empat hari itu dimulai dari Minggu, 24 Maret 2019, hingga Rabu, 27 Maret 2019. 

Disampaikan Kepala kelompok observasi dan teknisi BMKG Tuban, Andrie Wijaya, gelombang tinggi yang berkisar 1,25 meter-2,5 meter itu dikarenakan badai siklon tropis Veronika (948 hectopascal/hPa) di Samudera Hindia Barat laut Australia.

Badai itu tentu berdampak bagi laut Jawa dan perairan utara Jawa Timur, termasuk juga perairan laut Tuban.

"Ya prediksi terjadi gelombang tinggi akibat badai siklon tropis Veronika, prediksinya empat hari," Ujar Andrie kepada Surya, Minggu (24/3/2019).

Andrie melanjutkan, badai juga berdampak di wilayah perairan laut selatan Jawa timur dan samudera Hindia selatan jawa timur dengan ketinggian 2,5 meter - 4 meter, lebih tinggi dari perairan utara.

Dengan adanya prediksi tersebut, maka diharapkan nelayan dan warga yang tinggal di pesisir area yang dimaksud agar senantiasa waspada.

"Kami imbau nelayan dan masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai yang berpotensi terjadi gelombang tinggi agar waspada," Pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved