Berita Surabaya

8.000 KK Belum Teraliri Air PDAM, Begini Penjelasan PDAM Surya Sembada Surabaya

PDAM Surya Sembada Surabaya mencatat tinggal 8.000 KK di Kota Pahlawan yang belum teraliri air PDAM.

8.000 KK Belum Teraliri Air PDAM, Begini Penjelasan PDAM Surya Sembada Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
Pegawai PDAM Surya Sembada menjelaskan cara kerja pengolahan air minum kepada siswa saat kunjungan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karangpilang dalam peringatan Hari Air Sedunia, Jumat (22/3). Tinggal 8.000 KK di Surabaya yang belum teraliri air PDAM 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hingga saat ini masih ada sejumlah wilayah di Surabaya yang belum teraliri air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). PT Surya Sembada Surabaya mencatat tinggal 8.000 KK di Kota Pahlawan yang belum teraliri air bersih tersebut. 

"Ini belum termasuk perumahan-perumahan yang baru di wilayah Surabaya Barat yang banyak bermunculan. Yang terhitung di kami hingga saat ini tinggal 8.000 KK yang belum teraliri air PDAM," kata Manajer Sekertariat dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Bambang Eko Sakti, Jumat (22/3/2019).

PDAM secara bertahap akan menuntaskan kampung dan rumah yang belum mendapat layanan aliran air PDAM. Saat ini, PDAM Surabaya memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (Ipam), yakni di Karang Pilang dan Ngagel. Karang Pilang untuk mengairi wilayah Surabaya Tengah dan Ipam Ngagel mengaliri wilayah Barat dan Utara.

PDAM Surabaya setiap detik mengeluarkan 11.976 liter air atau 1,1 juta meter kubik air untuk per hari.

Air ini untuk sekitar 561.000 pelanggan yang harganya Rp 2.000 per meter kubik.

Bambang menuturkan jika dipersentase tinggal menyisakan 1 persen KK.

PDAM berdalih kampung atau KK yang belum teraliri air lantaran di lahan PJKA atau Pelabuhan sehingga harus berurusan dengan instansi lain.

Salah satu daerah yang paling banyak belum teraliri PDAM adalah wilayah Barat Surabaya.

Banyak perumahan di wilayah itu tanpa PDAM, bahkan mendirikan instalasi air sendiri.

Untuk menuntaskan sisa warga yang belum teraliri PDAM itu, PDAM akan memberi diskon hingga 50 persen untuk menyambungkan instalasi sambungan rumah.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved