Berita Ekonomi Bisnis

Telkomsel Dorong Industri Musik Lokal lewat Workshop dan Festival Langit Musik

Telkomsel area Jawa Bali menggaet para musisi lokal untuk bergabung dalam aplikasi Langit Musik.

Telkomsel Dorong Industri Musik Lokal lewat Workshop dan Festival Langit Musik
SURYAOnline/sugiharto
Dari kiri ke kanan, Manager Digital Regional Expansion Jawa Timur Telkomsel, Herbintarto, General Manager Marketing and Sales Management Area Jawa Bali Telkomsel, Kuntum Wahyudi, Manager Digital Music Business Development Telkomsel, Agung Priyanto Dwi Nugroho dan Partnership Melon Indonesia Jefry Feriyanto menunjukkan cara menginstal aplikasi Langit Musik di Grapari Telkomsel Pemuda Surabaya, Kamis (21/3/2019). 

SURABAYA, SURYA - Telkomsel area Jawa Bali menggaet para musisi lokal untuk bergabung dalam aplikasi Langit Musik. Langkah bisnis ini merupakan bagian dari aksi operator seluler itu untuk mendukung perkembangan industri kreatif sekaligus meningkatnya revenue dari bisnis musik.

"Potensi industri kreatif di bidang musik ini sangat besar. Tidak hanya musisi yang sudah punya nama, tapi juga musisi lokal di daerah, termasuk di Jawa Timur ini. Sehingga untuk mendorong potensi itu muncul kami ada program workshop dan festival langit musik yang merupakan aplikasi musik kami," ungkap Kuntum Wahyudi, General Manager Marketing and Sales Management Area Jawa Bali Telkomsel, saat konferensi pers Festival Langit Musik, Kamis (21/3/2019).

Terkait dengan bisnis, revenue atau pendapatan Telkomsel Jawa Bali dari bisnis musik saat ini mencapai Rp 14 miliar per bulan, atau telah berkontribusi sekitar 30 persen dari total pendapatan bisnis digital lainnya.

Manager Digital Music Business Development Telkomsel, Agung Priyanto Dwi Nugroho menambahkan, hingga saat ini komposisi lagu dari musisi daerah yang telah bergabung di platformmemang masih kecil, dan kebanyakan adalah musisi nasional dan asing.

"Makanya dalam kegiatan festival kali ini kita mau gencarkan untuk musisi daerahnya agar ikut terangkat," kata Agung.

Telkomsel mencatat jumlah lagu yang ada di dalam platform Langit Musik sudah mencapai 6 juta. Dari jumlah itu sebanyak 65 persen di antaranya merupakan musik internasional, 35 persen merupakan lagu Indonesia dan lagu lokal daerah masih di bawah 10 persen.

Agung menjelaskan, musisi lokal saat ini memang masih menghadapi kendala untuk berkembang karena belum tau bagaimana cara memasarkan lagunya dengan tepat.

"Diharapkan dengan adanya aplikasi Langit Musik ini, musisi daerah bisa mempromosikan karyanya dan namanya supaya dikenal masyarakat luas," jelas Agung.

Festival Langit Musik maupun munculnya musisi daerah tersebut juga dapat mengerek jumlah user aktif setidaknya menjadi 1,2 juta user,meningkat dibandingkan posisi saat ini yang masih sekitar 300.000 user.

"Sedangkan jumlah pengunduh platform Langit Musik ini sudah mencapai 4 jutaan," ujar Agung.

Kegiatan Festival Langit Musik, digelar secara nasional di 100 titik. Di wilayah Jawa Bali, telah digelar di Denpasar, dan Surabaya pada hari ini. Kemdian dijadwalkan ada digelar di Jember dan Kota Malang.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved