Penemuan Paduraksa di Situs Sekaran Jadi Tanda Bangunan Suci Peninggalan Kerajaan Singosari

Situs Sekaran yang ditemukan di Malang diduga merupakan bangunan suci era kerajaan Singosari. Salah satu buktinya adalah penemuan Paduraksa.

Penemuan Paduraksa di Situs Sekaran Jadi Tanda Bangunan Suci Peninggalan Kerajaan Singosari
surabaya.tribunnews.com/rifky edgar
Struktur bangunan yang ada di Situs Sekaran, Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang 

SURYA.co.id | MALANG - Situs Sekaran, situs purbakala yang baru ditemukan di kawasan pembangunan jalan tol Pandaan-Malang menyita perhatian publik.

Sejak dilakukan ekskavasi pada Selasa (12/3) lalu, ditemukan beberapa fakta-fakta mulai dari penemuan paduraksa, altar, patahan keramik hingga koin gobok.

Balai Pestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) memastikan bangunan di Situs Sekaran adalah peninggalan Kerajaan Singosari.

Lebih spesifik lagi, bangunan yang dimaksud adalah bangunan suci. Hal itu dibuktikan dari ditemukannya paduraksa (gerbang) dan struktur bangunan berupa pondasi yang diyakini sebagai altar.

Paduraksa adalah bangunan menyerupai gapura dengan atap penutup. Paduraksa umumnya menjadi pembatas sekaligus gerbang akses penghubung antarkawasan.

"Tapi itu (paduraksa) baru satu yang kita temukan, harusnya dua. Makanya kita cari ke sisi timur laut tapi belum ketemu," kata Kepala BPCB Jatim, Andi Muhammad Said, di Malang, Selasa (19/3/2019).

Periodesasi bahwa bangunan Situs Sekaran dibangun di era Kerajaan Singasari juga diperkuat dengan ditemukannya koin gobok bertuliskan Dinasti Song.

Dinasti Song memimpin Tingkok pada abad X-XIII atau sama dengan masa kepempimpinan Kerajaan Singosari di Malang.

"Dinasti Song itu abad X dan itu sebelum era Kerajaan Majapahit," ucap Andi.

Temuan lain yang menjadi indikasi bahwa situs Sekaran merupakan bangunan suci adalah posisi situs yang menghadap ke gunung Semeru, salah satu gunung yang dianggap suci di tanah Jawa. 

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved