Advertorial

DPRD Perjuangkan Hak Sertifikasi Tanah Warga, Cak Aden: Pemkot Abaikan Warga

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Darmawan, memperjuangkan hak-hak warga Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo dalam mendapatkan sertifikat

DPRD Perjuangkan Hak Sertifikasi Tanah Warga, Cak Aden: Pemkot Abaikan Warga
surya/nuraini faiq
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya bersama perwakilan warga, BPN 1 Surabaya, dan Pertamina, dalam pertemuan di Kantor Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, membahas sertifikat tanah, Rabu (20/3/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Surabaya, Darmawan, kembali mendampingi warga Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Rabu (20/3/2019). Pimpinan DPRD ini memperjuangkan hak-hak warga dalam mendapatkan sertifikat atas tanah kelahiran peninggalan nenek moyang mereka.

Hingga bertahun-tahun, sertifikat tanah yang sudah mereka ajukan hingga saat ini belum jelas juntrungannya. Padahal, beberapa warga di lokasi yang sama ada yang beberapa yang sudah bersertifikat.

"Kami tidak ingin masalah ini berlarut-larut," kata Darmawan.

Saat ini, puluhan warga Sawunggaling cemas lantaran tanah moyang mereka ada yang diklaim milik Pertamina. Padahal, warga sudah menempati lahan tersebut puluhan tahun.

Pria yang kembali mencalonkan anggota DPRD Kota Surabaya dari Gerindra ini memfasilitasi dan menampung aspirasi warga.

Cak Aden, sapaan Darmawan, bahkan langsung mempertemukan warga dengan pihak Pertamina Perwakilan Jatim dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) 1 Surabaya.

Semua pihak bertemu untuk mencarikan solusi atas kecemasan warga.

"Yang kami sesalkan adalah Pemkot yang tidak memperhatikan kepentingan warganya. Rakyat hendak mengadu kalau bukan ke pemerintah," ujar Cak Aden.

Dalam forum itu, Cak Aden menyampaikan bahwa Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Kota Surabaya, Maria Ekawati Rahayu, menolak ikut membantu dengan berdalih bahwa sengketa tanah itu urusan warga dengan Pertamina, bukan dengan Pemkot Surabaya.

Aden menyesalkan sikap yang demikian. Cak Aden menyebut dalam pertemuan warga, Pertamina dan BPN sebelum ini, DPBT tak hadir karena bukan urusan DPBT.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved