Advertorial

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Gelar Rapat Penguatan Timpora di Sidoarjo

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) Surabaya menggelar Rapat Penguatan Timpora Kabupaten Sidoarjo.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Gelar Rapat Penguatan Timpora di Sidoarjo
istimewa
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) Surabaya menggelar Rapat Penguatan Timpora Kabupaten Sidoarjo di Hotel Luminor Sidoarjo, Selasa (20/03/2019). 

SURYA.co.id - Dalam rangka peningkatan pengawasan terhadap orang asing yang berada di Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur melalui Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) Surabaya menggelar Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Sidoarjo.

Agenda rapat penguatan tersebut dilaksanakan di Hotel Luminor Sidoarjo, Selasa (20/03/2019). Sesaat sebelum rapat, Kepala Kanim Kelas I Khusus TPI Surabaya, Barlian, dalam sambutannya menyampaikan Rapat Penguatan Timpora Kabupaten Sidoarjo ini untuk kelancaran Timpora Sidoarjo agar tercipta koordinasi dan kolaborasi harmonis antarinstansi terkait dalam rangka pengawasan orang asing di Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, diharapkan dengan adanya rapat ini maka pengawasan orang asing di Kabupaten Sidoarjo semakin meningkat dan dapat berjalan lancar.

“Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6/2011, tentang Keimigrasian, Peraturan Pemerintah Nomor 31/2013, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6/2011, tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50 tahun 2016, tentang Pengawasan Orang Asing,” tutur Barlian.

Sementara itu, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Jatim, Zakaria, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah tidak dapat menutup diri dari kehadiran orang asing di Indonesia.

Oleh karena itu, kehadiran orang asing tersebut harus diiringi dengan upaya kesiapan dari semua pihak terkait untuk melakukan pengawasan orang asing.

Selain itu, dibentuknya Timpora merupakan langkah nyata untuk memberikan kontribusi positif ke instansi pemerintah dan negara dalam rangka menjaga stabilitas nasional.

Zakaria juga memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada seluruh Timpora Kabupaten Sidoarjo atas peran aktifnya dalam melakukan pengawasan orang asing.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, diisi tiga narasumber, yaitu Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, KBO SAT IK Kepolisian Resort Kota Sidoarjo, dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, dan dimoderatori oleh Kasubbid Intelijen Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Rapat ini diikuti oleh 14 instansi pemerintah kabupaten Sidoarjo, dan 54 instansi kecamatan yang terdiri dari Camat, Polsek, dan Koramil.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved