Sambang Kampung Jambangan

Kampung Jambangan Larang Warganya Merokok di Dalam Rumah 

Menjaga kesehatan lingkungan dilakukan secara serius oleh warga RT 07 Kelurahan Jambangan, Surabaya.

Kampung Jambangan Larang Warganya Merokok di Dalam Rumah 
SURYAOnline/delya octovie
Sumartik (39), Kader Lingkungan RT 07 dan Sekretaris Kelurahan Jambangan, menunjukkan tanda larangan merokok di dalam rumah yang dipasang di pagar rumah tetangganya, Rabu (20/3/2019). 

SURYA.co.id, SURABAYA - Menjaga kesehatan lingkungan dilakukan secara serius oleh warga RT 07 Kelurahan Jambangan, Surabaya. 

Keseriusan itu berbuah mereka berhasil membawa pulang tropi juara 2 lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-Jawa Timur, beberapa tahun lalu. 

Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan mengatur agar warga tidak merokok di dalam rumah, supaya rumah menjadi lingkungan pertama keluarga yang benar-benar bersih. 

"Indikatornya ada beberapa, misalnya harus ada tempat cuci tangan itu kami ada di beberapa spot. Kemudian kami punya posyandu sendiri, jadi balita dan lansia bisa periksanya di sini. Kami juga senam bersama tiap Minggu pagi, atau pas sama lansia itu Sabtu sore," tutur Sumartik (39), Kader Lingkungan RT 07 dan Sekretaris Kelurahan Jambangan ini, Rabu (20/3/2019). 

Menurut perempuan yang akrab di sapa menggunakan nama anak tertuanya, Cinta, tak sulit mengajak anak-anak mempraktikkan hidup sehat. 

Agar lebih mudah, mereka menggerakkan semacam tutor sebaya, alias anak-anak muda yang juga tergabung karang taruna untuk mengingatkan sebayanya, maupun yang lebih muda. 

"Kalau anak-anak kita ada seperti tutor sebaya, jadi yang mengingatkan bukan yang tua-tua, jadi anak-anak SMP, karang taruna, itu yang menggerakkan," tuturnya. 

Sosialisasi gaya hidup sehat turut dilakukan dengan cara menyelipkan pengetahuan-pengetahuan seputar kesehatan dan lingkungan pada pertemuan-pertemuan warga, seperti rapat PKK dan pengajian. 

Tidak hanya anak-anak dan lansia yang diajak menjalani gaya hidup sehat, tetapi juga remaja dan dewasa. 

Satu di antaranya adalah dengan tegas melarang warga merokok di dalam rumah. 

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved