Perekaman e-KTP Dispendukcapil di Siola Surabaya Dilayani Sampai Tengah Malam

Dispendukcapil Kota Surabaya membuka percepatan perekaman e-KTP sejak 14 Maret sampai 31 Maret 2019, mulai pukul 07.30 hingga 24.00 WIB.

Perekaman e-KTP Dispendukcapil di Siola Surabaya Dilayani Sampai Tengah Malam
surabaya.tribunnews.com/pipit maulidiya
Bangku-bangku yang disediakan di Dispendukcapil Siola, Surabaya, untuk melayani perekaman E-KTP. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dispendukcapil Kota Surabaya membuka percepatan perekaman e-KTP sejak 14 Maret sampai 31 Maret 2019, mulai pukul 07.30 hingga 24.00 WIB.

Namun layanan spesial ini belum dimanfaatkan masyarakat Kota Surabaya secara maksimal. Terhitung sudah lima hari berjalan, namun antrean tidak terlalu panjang dan hanya meningkat hanya dua kali lipat dari biasanya.

Maria Agustin, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Surabaya menjelaskan, peningkatan hanya dua kali lipat hari biasa, hingga 680 orang.

"Pelan-pelan naiknya, kemarin Sabtu sampai ramai sekali. Ramai siang dan malam habis sholat isya biasanya. Minggu kita malah sepi sekali, mungkin orang gak tahu kalau kita tetap buka meski hari Minggu," jelas Maria, Selasa (19/3/2019).

Seperti yang diberitahukan sebelumnya, masyarakat Surabaya yang belum melakukan rekam e-KTP menurut sistem nasional mencapai 98 ribu orang.

Jumlah ini menurut Maria masih mentah dan diperkirakan hanya sebagian (50 persen) saja yang masih berada di Surabaya. Sementara sisanya adalah penduduk yang pindah namun tidak lapor dan meninggal tapi tidak mengurus akta kematian.

Maria melanjutkan, sebagian masyarakat yang datang ada juga yang tidak tahu, pelayanan percepatan rekaman hingga pukul 24.00 hanya untuk perekaman saja. Bukan termasuk pengurusan e-KTP hilang, rusak, atau perubahan data.

"Kalau hilang, rusak, atau perubahan data sudah bisa dilayani di kecamatan bisa langsung. Tidak perlu di kantor Dispendukcapil," jelasnya.

Petugas Dispendukcapil siap 3 sift pada program percepatan perekaman e-KTP. Setiap sift ada 48 petugas yang berjaga.

Ernawati (21) salah satu pengurus e-KTP mengatakan tak butuh waktu lama untuk melakukan perekaman. 30 menit langsung selesai perekaman karena antrean tak panjang.

"Saya baru tahu kalau buka sampai pukul 24.00, ini tadi libur kerja jadi bisa mengurus. Besok berarti bisa ambil langsung hasilnya e-KTP sepulang kerja malam hari," katanya.

Tags
e-KTP
Siola
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved