Penemuan Situs Sekaran di Malang Jadi Penemuan Terbesar Tahun 2019

Penemuan situs Sekaran di lokasi proyek tol Pandaan-Malang merupakan penemuan terbesar di tahun 2019. Apa sebenarnya situs itu dulunya?

Penemuan Situs Sekaran di Malang Jadi Penemuan Terbesar Tahun 2019
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Ketua Ikatan Ahli Arkeolog Indonesia (IAAI) Jawa Timur, Ismail Lutfi mengukur batu bata pada temuan struktur baru di Situs Sekaran, Desa Sekapuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (14/3/2019). Tim ekskavasi Situs Sekaran terus melakukan penggalian ke arah barat temuan struktur bangunan pertama untuk mengetahui pola bangunan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) menyebut bangunan purbakala yang ada di Situs Sekaran merupakan bangunan suci pada masa lalu.

Bangunan suci itu menghadap ke salah satu gunung suci di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru.

"Jadi itu ada paduraksa (pintu gerbang) di depan mengarah ke semeru itu lo," kata Kepala BPCB Jatim, Andi Muhammad Said, Selasa (19/3/2019).

Pernyataan itu dikuatkan dengan temuan sebuah altar tepat di belakang paduraksa. Pada zaman itu, altar merupakan tempat menaruh sesajen maupun arca.

Altar yang ditemukan berbentuk persegi berukuran 2x2 meter dan terletak 5 meter tepat di belakang paduraksa.

"Tapi itu (paduraksa) baru satu yang kami temukan, harusnya dua. Makanya kita cari ke sisi timur laut tapi belum ketemu," kata Andi.

Jasa Marga Siap Geser Proyek Jalan Tol Untuk Selamatkan Situs Purbakala Sekaran di Malang

Dilihat Dari Google, Situs Sekaran yang Baru Ditemukan di Malang Terletak di Tengah-tengah 4 Candi

Ia menambahkan bangunan suci itu diduga telah ada sebelum era Kerajaan Majapahit.

Hal ini juga diperkuat dari temuan koin gobok bertuliskan Dinasti Song. Dinasti Song merupakan dinasti yang memerintah Tiongkok pada tahun 960 sampai dengan tahun 1279 atau sebelum Tiongkok diinvasi oleh bangsa Mongol.

"Sebelum Majapahit sudah ada. Karena temuan lain itu koin dari Dinasti Song. Dinasti Song itu abad X atau sebelum Majapahit," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved