Advertorial

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Musim Hujan

Selain jas hujan, perlengkapan lain yang wajib digunakan antara lain helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Musim Hujan
surya.co.id/istimewa
Ilustrasi pengendara sepeda motor 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pada musim hujan bulan ini pengendara, khususnya roda dua dapat mempersiapkan diri, berikut kelengkapannya agar berkendara lebih nyaman dan aman.

Apa saja yang perlu dipersiapkan saat berkendara di musim hujan. Nah, Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan memberikan beberapa tips.

Pertama cek kondisi motor. Saat musim hujan kita harus mengecek kondisi motor seperti lampu kendaraan, klakson, lampu sein, rem depan dan belakang, ban depan dan belakang, cob busi serta kelistrikan

Berikutnya perlengkapan berkendara seperti jas hujan, saat berkendara dalam kondisi hujan agar tetap menggunakan perlengkapan berkendara, tidak hanya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin karena air hujan tetapi juga apabila kita terjatuh.

Selain jas hujan, perlengkapan lain yang wajib digunakan antara lain helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Pemilihan jas hujan juga mempengaruhi pada waktu berkendara. Jas hujan yang tepat yaitu modelnya seperti jaket dan celana, berwarna cerah, berbahan tebal, serta sesuai dengan ukuran.

Selain itu, pemilhan warna pada jas hujan bertujuan agar pengendara lain mudah melihat kita.

Selanjutnya hindari daerah banjir. Buatlah road plan perjalanan terlebih dahulu.

Perlunya banyak rute saat kita berkendara sangatlah penting untuk menghindari area mana yang sering terjadi nya banjir.

Pastikan tubuh kita dalam kondisi fit dan prima.

Lalu, untuk boncenger tetap menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jas hujan, jaket dan sepatu dikarenakan resiko boncengers sangat tinggi terjadinya kecelakaan.

"Pemilihan perlengkapan berkendara bisa membuat lebih fleksibel pada saat berkendara. Jaga jarak aman dengan pengendara lain karena pandangan terbatas.

Serta lebih fokus dan sigap terhadap kondisi jalan. Misalnya jalan berlubang dan tergenang air. Meskipun kondisi hujan tetap Cari_Aman pada waktu berkendara," kata Hari Setiawan. (*)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved