Berita Surabaya

Berbagi Ilmu dan Mengajar Moral di Rumah Seribu Senyum

“ Ayo yang sudah mengaji tadi sekarang bikin cerita, apa saja tadi yang sudah dilakukan,” kata Siti Zubaidah, pemilik rumah kepada anak anak.

Berbagi Ilmu dan Mengajar Moral di Rumah Seribu Senyum
SURYAOnline/ahmad zaimul haq
BIMBINGAN BELAJAR - Anak-anak di rumah singgah Rumah Seribu Senyum belajar bersama seperti di rumahnya sendiri. 

SIANG itu selepas duhur belasan bocah sudah berada di ruang tamu rumah Siti Zubaidah, di Jalan Tambak Pring Timur IV, Asemrowo, sebuah kawasan padat penduduk di Surabaya Utara.

Para bocah ini sudah siap dengan bahan belajarnya masing masing. Berjajar dampar (meja kecil) sudah tertata di depan mereka.

Ada Kitab Suci Alquran, ada buku gambar serta buku buku pelajaran sekolah yang siap untuk mereka buka.

“ Ayo yang sudah mengaji tadi sekarang bikin cerita, apa saja tadi yang sudah dilakukan,” kata Siti Zubaidah, pemilik rumah kepada anak anak, Minggu (17/3/2019).

Bergegas anak-anak ini mulai membuka buku masing-masing, lalu menulis dan bercerita tentang apa saja yang dialami seharian.

“Mereka setiap hari harus bikin laporan, mereka menggambar, menulis sendiri seperti curhat lewat tulisan,” lanjutnya.

Nabila salah satu dari belasan anak yatim piatu yang ikut belajar di Rumah Seribu Senyum, terlihat cukup riang bersama teman-teman lainnya.

Bocah berusia 12 tahun ini termasuk anak yang kreatif dan aktif, ia selalu bercerita apa saja yang ia lakukan sebelumnya.

“Ayah, ibu doakan sukses ya,” tulisnya.

Setiap hari rumah Zubaidah begitu biasa ia dipanggil tak pernah sepi dari anak - anak. Mereka sebagian besar adalah anak-anak yatim dan yatim piatu. Ada pula anak jalanan.

Halaman
1234
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved