Belum Keluarkan Seri Baru, Dunlop Apresiasi Toko-Toko di Surabaya

Pabrikan ban Dunlop di tahun 2019 ini dipastikan belum akan meluncurkan seri baru. Langkah yang sama sejak tahun 2018 lalu.

Belum Keluarkan Seri Baru, Dunlop Apresiasi Toko-Toko di Surabaya
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Toshio Koyama, President Director PT Sumi Rubber Indonesia (tengah), saat gathering dengan toko-toko penjual ban Dunlop di Surabaya, Sabtu (16/3/2019) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pabrikan ban Dunlop di tahun 2019 ini dipastikan belum akan meluncurkan seri baru. Langkah yang sama sejak tahun 2018 lalu.

"Kami belum ada seri baru di tahun ini maupun di tahun yang lalu. Kami lebih memaksimalkan seri yang ada dengan memperluas pasar dan mendorong peningkatan penjualan melalui jaringan toko yang menjual produk kami," kata Toshio Koyama, President Director PT Sumi Rubber Indonesia, produsen ban merek Dunlop, di sela gathering dengan toko-toko penjual ban Dunlop di Surabaya, Sabtu (16/3/2019) malam.

Meski belum meluncurkan seri baru, Dunlop mengaku masih mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif. Apalagi mengikuti tren penjualan produk otomotif roda empat maupun roda dua, yang juga masih bertumbuh. Termasuk produk ban untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus.

Sepanjang tahun 2018, menurut Toshio, pihaknya mencatat pertumbuhan yang tinggi dari segmen pergantian ban baru dari user di kendaraan niaga.

"Hal itu bisa terjadi karena banyaknya pembangunan infrastruktur di Jawa. Terutama rencana pembangunan tol hingga Banyuwangi, yang saat ini masih sampai Pasuruan," tambah Toshio.

Total di tahun 2017 ke tahun 2018, ada pertumbuhan 107 persen untuk segmen ganti ban di all type. Baik niaga maupun mobil penumpang.

Dunlop disebut Toshio, memang diatas 80 persen banyak dipakai untuk produk mobil penumpang. Mulai dari kelas eco frendly, standart, middle hingga premium.

Banyaknya produk atau seri mobil baru, juga menjadi penyumbang terbesar penjualan Dunlop. Saat ini produk atau seri mobil baru dari brand Jepang, sekitar 70-80 persen menggunakan ban merek Dunlop dan Brigestone.

Sedangkan kendaran brand Jepang di Indonesia komposisinya mencapai 90 persen dari seluruh brand kendaran yang meluncur di jalanan Indonesia.

General Manager, Sales Planning & Admin PT. Sumi Rubber Indonesia, Mr Hendra Himawan, menambahkan, pasar Dunlop yang digunakan pada mobil baru keluaran ATPM dengan retail, lebih banyak yang digunakan oleh mobil baru dari pabrikan.

"Kami market share di segmen itu cukup besar. Sehingga bila ada seri mobil baru, tentu kontribusinya meningkat. Tapi kami juga dorong peningkatan retail seperti dengan gathering bersama toko-toko yang ada di Surabaya ini," jelas Hendra.

Gathering dengan toko-toko di Surabaya diisi produk knowledge semua jenis ban Dunlop dan promo menarik pembelian dari para toko-toko yang menjual produknya.

Terkait dengan banyaknya produsen mobil baru yang menggunakan produk Dunlop, dijelaskan Hendra karena teknologi dan kemampuan produksi. Kehadiran seri baru mobil, tentunya memerlukan jumlah dan kualitas yang bagus.

"Hal itulah yang berhasil Dunlop penuhi setiap produsen mobil Jepang meluncurkan seri baru," jelas Hendra.

Tags
Dunlop
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved