Rumah Politik Jatim

Hayono Isman: Literasi Medsos Penting agar Anak Muda Positif Berinternet

Hayono Isman meminta supaya literasi medsos generasi muda ditingkatkan ke arah yang positif.

Hayono Isman: Literasi Medsos Penting agar Anak Muda Positif Berinternet
surya/adrianus adhi
Hayono Isman, Mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI mengajak anak muda manfaatkan medsos secara positif. 

SURYA.co.id - Tokoh masyarakat, Hayono Isman meminta supaya literasi media sosial (medsos) generasi muda ditingkatkan ke arah yang positif. Hayono Isman ingin generasi bangsa di era digital ini memanfaatkan internet secara positif, sehingga membawa manfaat untuk dirinya dan orang lain.

Hayono yang juga mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI ini mengungkapkan, perkembangan teknologi informasi yang pesat harus benar-benar ditingkatkan dan dimanfaatkan ke arah yang berguna, yaitu untuk kemajuan demokrasi bangsa.

"Kita minta literasi medsos anak-anak muda ke depan lebih ditingkatkan ke arah yang positif, sehingga bisa memberi manfaat untuk dirinya dan juga orang lain," ujar Hayono Isman di Surabaya.

Hayono Isman menambahkan sebagai generasi penerus anak muda butuh kemampuan dan kesadaran untuk membawa bangsa ini menuju kemajuan, sekaligus untuk merawat dan menjaga demokrasi bangsa ini agar tetap kokoh berdiri dalam perdamaian dan keharmonisan.

Oleh karena itu, Hayono Isman mengajak melalui literasi medsos anak muda untuk mencegah terciptanya informasi yang kurang baik, dan ikut aktif menebarkan optimisme dengan bijak melalui medsos.

"Literasi medsos menjadi benteng yang memandu anak-anak muda untuk secara cerdas dan bijak menggunakan internet dan media sosial. Sehingga bisa mencegah tersebarnya informasi yang tidak benar," ucapnya.

Menurut Hayono Isman, kebutuhan akan kemampuan literasi medsos tak bisa dilepaskan dari kebiasaan anak muda yang tak bisa dipisahkan dari keberadaan smartphone sehari-hari.

Putra Pejuang kemerdekaan, Mas Isman ini berharap anak-anak muda supaya turut menjaga perdamaian dan keharmonisan di dunia maya, serta berpartisipasi aktif dalam meminimalisir maraknya industri hoaks yang kian tak terbendung.

Hayono Isman tak ingin fenomena hoaks dan ujaran kebencian terus bertebaran di medsos dan menjadi konsumsi publik, terutama mendekati pesta rakyat tahun pemilu ini.

"Saya berharap anak-anak muda tidak menjadi korban kejahatan digital, karena mudah dimanfaatkan oleh kepentingan tertentu, sehingga merugikan kehidupan masa muda mereka," pungkasnya.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved