Berita Pasuruan

Pemkab Pasuruan Gandeng Banyak Pihak untuk Bantu Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH)

Pemkab Pasuruan akan mengucurkan anggaran Rp 30 Miliar setiap tahunnya untuk mengentaskan program perbaikan RTLH

Pemkab Pasuruan Gandeng Banyak Pihak untuk Bantu Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH)
surya/galih lintartika
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, saat melaunching Rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) Dana APBD dan APBN Tahun 2019 dan Serah Terima Hasil Pekerjaaan Rehab RTLH-Dana CSR (Cooperate Social Responsibility) Bank Jatim Cabang Pasuruan, di Pendopo Kecamatan Purwosari, Jumat (15/03/2019) 

SURYA.co.id | PASURUAN - Pemkab Pasuruan akan mengucurkan anggaran Rp 30 Miliar setiap tahunnya untuk mengentaskan program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH ) sampai empat tahun ke depan. Hal itu ditegaskan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, saat melaunching Rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) Dana APBD dan APBN Tahun 2019 dan Serah Terima Hasil Pekerjaaan Rehab RTLH-Dana CSR (Cooperate Social Responsibility) Bank Jatim Cabang Pasuruan, di Pendopo Kecamatan Purwosari, Jumat (15/03/2019).

Menurutnya, besaran anggaran tersebut akan direalisasikan mulai tahun depan. Khusus untuk tahun ini, Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 Miliar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk memperbaiki sekitar 2.000 unit RTLH yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

“Nilai perbaikan untuk masing-masing unit rumah sebesar Rp 12,5 juta dengan perbaikan skala ringan sampai sedang,” terangnya.

Dikatakan Irsyad, bantuan stimulan RTLH-APBD tahun 2019 merupakan usulan dari kecamatan yang diajukan kepada Pemkab Pasuruan.

Setelah itu juga sudah dilakukan verifikasi terhadap calon penerima bantuan.

Oleh karenanya, apabila ada rumah yang tidak masuk dalam program RTLH tahun ini, berarti masuk dalam program di tahun berikutnya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Kalaupun ada rumah yang tidak tersentuh program RTLH, kami akan memperhatikan untuk selanjutnya menjadi prioritas perbaikan di tahun selanjutnya. Tapi kita juga tidak berhenti untuk membuka kesempatan bagi pihak lain yang ingin membantu pengentasan RTLH,” sambungnya.

Selain support penuh dari pemerintah, sejumlah perusahaan juga ikut berpartisipasi dalam mewujudkan program RTLH ini.

Perusahaan mengalokasikan CSR-nya untuk program ini, salah satunya adalah Bank Jatim Cabang Pasuruan.

Melalui CSR nya, tahun ini memberikan bantuan stimulan perbaikan RTLH sebesar Rp 300 juta untuk 20 unit RTLH di empat desa di Kecamatan Purwosari, yakni Desa Sekarmojo, Desa Kertosari, Desa Sumberrejo dan Kelurahan Purwosari.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved