Herbana Bromo KOM Challenge 2019

Besok, Lebih 1.100 Cyclist dari 13 Negara dan 363 Komunitas Ikuti Herbana Bromo KOM Challenge 2019

Herbana Bromo KOM Challenge 2019 benar-benar event menanjak paling diminati di Indonesia.

Besok, Lebih 1.100 Cyclist dari 13 Negara dan 363 Komunitas Ikuti Herbana Bromo KOM Challenge 2019
foto: istimewa
Fotol ilustrasi: Herbana Bromo KOM Challenge 2019 

SURYA.co.id | Herbana Bromo KOM Challenge 2019 benar-benar event menanjak paling diminati di Indonesia. Tercatat lebih dari 1.100 peserta akan mencoba menaklukkan rute menuju Wonokitri, Bromo. Lomba berlangsung pada Sabtu (16/3/2019) pagi.

Panitia telah melakukan verifikasi final. Tercatat ada 1.148 peserta, datang dari 13 negara dan 363 komunitas. Negara-negara yang terwakili, selain Indonesia, adalah Australia, Austria, Kolombia, Denmark, Isle of Man (Inggris Raya), Italia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Mongolia, dan Amerika Serikat.

Dari mancanegara, terbanyak datang dari Malaysia 15 orang. Sedangkan dari komunitas yang mengirimkan peserta terbanyak ada dua, Kraft Kediri dan RatjoenCC Malang. Masing-masing mengutus 30 wakilnya.

Dari Indonesia, sambutan khusus harus diberikan kepada JayapuraCC. “Total anggota kami yang ikut ada 12 orang,” kata Sukadi dari komunitas di Papua tersebut.

Yang menarik, dari total peserta itu, lebih banyak berpartisipasi untuk berlomba (kompetitif). Ini merupakan perkembangan terbaru even, yang sudah berlangsung secara rutin sejak 2014.

“Biasanya, kebanyakan peserta adalah peloton non-kompetitif. Yaitu peserta yang ingin menikmati sensasi menanjak setinggi 2.000 meter menuju Wonokitri. Kali ini, sekitar 60 persen justru memilih berkompetisi!” ungkap Azrul Ananda, penggagas even menanjak ini, Jumat (15/3/2019).

Tahun ini, kategori peserta memang dibuat lebih variatif. Total ada 13 kategori Elite dan Master, plus sepeda lipat dan Brompton. Baik laki-laki maupun perempuan.

Gengsi lomba ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta kategori paling bergengsi: Men Elite. Tidak tanggung-tanggung, ada 96 pembalap! Tim-tim paling kondang Indonesia mengirimkan peserta, seperti KFC dan PGN. “Banyak atlet nasional tampil di ajang ini,” tegas Cipto S. Kurniawan dari Strive Nutrition Products, partner penyelenggara even.

Sementara itu, dari kategori baru sepeda lipat dan Brompton, total pesertanya hampir 200 orang. Beda dengan road bike yang start dari Surabaya, mereka akan start langsung dari Pasuruan.

Menurut rencana, peserta road bike semua akan start dari Surabaya pukul 06.00. Ketika tiba di GOR Untung Suropati Pasuruan, mereka langsung dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai kategori masing-masing.

Halaman
123
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved