Badan Pemenangan di Jatim Optimis Sandiaga Ungguli Kiai Ma'ruf di Debat Cawapres

BPP Prabowo-Sandi di Jatim cukup optimistis Cawapres Sandiaga Uno unggul pada debat melawan Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin.

Badan Pemenangan di Jatim Optimis Sandiaga Ungguli Kiai Ma'ruf di Debat Cawapres
surya/m sudarsono
Sandiaga Uno saat berada di Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban, Kamis (14/2/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jawa Timur cukup optimistis Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, unggul pada debat melawan Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin.

Sandi dinilai telah memiliki bekal materi untuk menjelaskan aspek teknis terkait tema debat.

Yang mana, pada debat yang rencananya digelar di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/3/2019), akan bertemakan pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya.

"Kami cukup optimis, Pak Sandi bisa menguasai materi debat," kata Ketua Harian BPP Jatim, Anwar Sadad kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (15/3/2019).

Menurut Sadad, Sandi yang juga cawapres berlatarbelakang pengusaha ini telah memiliki pengalaman cukup matang di bidang tersebut. "Sehingga, Pak Sandi akan tampil apa adanya sebagai dirinya," terang Sadad.

Sadad yang juga menjabat Sekretaris DPD Gerindra Jatim ini menambahkan bahwa salah satu isu krusial yang akan disampaikan adalah soal pendidikan dan peluang usaha. Terkait hal itu, Sandi telah menyiapkan program Santripreneur.

Program yang disiapkan untuk melahirkan para pengusaha dari kalangan pesantren ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas para santri di samping menguasai ilmu agama. "Pasti beliau menyampaikan soal santripreneur itu," kata Anam Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) ini.

Untuk diketahui, Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin akan kembali berdebat dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, Minggu (17/3/2019). Debat yang rencananya akan dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta ini mempertemukan mereka secara perorangan, tidak dengan pasangan mereka, Joko Widodo (Capres nomor urut 01) maupun Prabowo Subianto (Capres nomor urut 02).

Adapun tema debat ketiga dalam rangkaian pilpres kali ini adalah pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya. Rencananya, debat kali ini juga akan disiarkan secara langsung oleh Trans TV, Trans 7, RCTI, dan CNN Indonesia.

Pada debat kali ini, Komisi Pemilihan Umum RI telah menetapkan 9 panelis. Sembilan nama tersebut berasal dari kalangan akademisi, LSM, hingga budayawan. Seluruh panelis memiliki latar belakang yang berkaitan dengan tema debat.

Pertanyaan debat pun telah disusun pasca-panelis bertemu dengan sejumlah ahli yang terkait dengan tema debat ketiga, melalui Focus Group Discussion (FGD).

Pertanyaan debat yang nantinya telah disusun akan dirahasiakan oleh panelis. Selain panelis dan moderator, tak ada pihak lain yang boleh mengetahui daftar pertanyaan debat, termasuk peserta pemilu, tim kampanye, atau KPU. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved