Berita Gresik

Tahun ini Calon Jemaah Haji (CJH) asal Gresik 5 Kloter, Kemenag Siapkan Petugas Pendamping Segini

Jelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik menyiapkan 10 petugas pendamping.

Tahun ini Calon Jemaah Haji (CJH) asal Gresik 5 Kloter, Kemenag Siapkan Petugas Pendamping Segini
surya/sugiharto
Sejumlah jemaah haji menuju pesawat di Bandara Internasional Juanda, Selasa (17/7/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK – Jelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik menyiapkan 10 petugas pendamping. Untuk tahun ini jemaah asal Gresik ada 5 kloter.

Staf Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Gresik, Lulus mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan 10 petugas pendamping. Diantaranya, 5 petugas tim pemandu haji indonesia (TPHI) dan tim pembimbing ibadah haji indonesia (TPIHI) 5 petugas.

“TPHI ini sebagai ketua kloter kalau TPIHI sebagai pembimbing ibadah,” jelasnya.

Seluruh petugas itu sudah menjalani serangkaian tes, baik rekrutmen tahap I kabupaten pada 25 Februari kemarin maupun rekrutmen tahap II di provinsi 5 Maret lalu. Di Gresik formasinya adalah TPHI 5 orang dan TPIHI 5 orang.

Lanjut Lulus, setiap kloter nantinya bakal ada lima petugas yang mendampingi. Satu TPHI, TPIHI, dokter serta dua orang paramedis dari tim kesehatan haji Indonesia (TKHI).

Untuk tim kesehatan, Lulus mengatakan bukan ranahnya. Oleh sebab itu Kemenag menyerahkan rekrutmen tersebut ke tim kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Sementara, Kabid P2P Dinkes Gresik dr Ummi Khoiroh mengaku hingga saat ini pihaknya masih belum bisa mengumumkan berapa petugas kesehatan yang bakal berangkat. Karena hasil rekrutmen petugas kesehatan sendiri belum keluar seluruhnya.

“Setelah tahap II baru bisa diumumkan,” jelasnya.

Ummi memprediksi hasil tahap II baru keluar akhir Maret ini. Sesuai dengan kebutuhan, yakni 5 dokter dan 10 petugas medis.

Lanjut Ummi, hingga saat ini istihaah CKh belum ditetapkan karena pihaknya belum bisa mengeluarkan hasil pemeriksaan kesehatan CJH.

"Tes kesehatan CJH baik tahap I dan II sudah dilakukan," jelasnya.

Kini hanya menunggu rekap data penentuan istithaah haji pada akhir bulan Maret 2019. 

Penulis: Willy Abraham
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved