Berita Surabaya

Rahasia Sukses Walikota Risma Bebaskan Lahan Frontage Sisi Barat Wonokromo dengan Modal Nol Rupiah

Pemkot Surabaya tak perlu susah-sudah menyewa lahan milik PT KAI untuk sisa penuntasan frontage Road sisi barat Wonokromo.

Rahasia Sukses Walikota Risma Bebaskan Lahan Frontage Sisi Barat Wonokromo dengan Modal Nol Rupiah
surya/ahmad zaimul haq
Sebagian Frotage Road sisi barat Wonokromo Surabay saat proses pengerjaan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya tak perlu susah-sudah menyewa lahan milik PT KAI untuk sisa penuntasan frontage Road sisi barat Wonokromo. Sisa jalan setelah RSI A Yani untuk proyek frontage memang ada pesil yang milik PT KAI. 

Namun, setelah melalui lobi tingkat tinggi yang dilakukan Pemkot, PT KAI merelakan lahan mereka untuk penuntasan proyek frontage Road sisi barat tersebut. 

 "Semula kami dikenakan biaya sewa Rp 650 juta. Namun Bu Wali lah (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) yang menjadikan sewa menjadi nol rupiah," kata Kepala Diana PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati, Kamis (14/3/2019).

Erna menjelaskan bahwa saat ini ada lahan atau Persil seluas  1.323 meter persegi yang menyebar di sepanjang jalan sisa frontage Wonokromo. Lahan ini ternyata milik PT KAI (BUMN). Sebelumnya perusahaan milik negara ini memberlakukan sewa bagi Pemkot.

Wali Kota Risma pun makin intensif mendekati KAI. Mereka saling lobi. Apalagi hasil sewa juga itu juga untuk pemerintah juga. Sesama Pemerintah sama-sama menggunakan APBD. Akhirnya lobi tingkat tinggi itu pun membuahkan hasil. 

Risma yang akhirnya berhasil menerobos pemberlakuan sewa yang ditetapkan KAI. Dari semula yang memberlakukan sewa Rp 650 juta, kini berhasil tanpa sewa sepeser pun. 

"Kebanyakan Persil milik KAI itu adalah bangunan lama. Ada rumah dinas KAI. Tepatnya sisi utara sekolah Khadijah. Semua sudah kita robohkan," kata Erna. 

Sayang, Kepala Daop 8 Surabaya PT KAI Suryawan Putra Hia belum bisa dikonfirmasi atas bebas sewa lahan adet PT KAI ini. Dihubungi belum menjawab.

Kadaop baru ini lah yang berhasil memberlakukan tanpa sewa untuk proyek pemkot. Sebelum Kadaop ini, masih berlaku aturan sewa. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved