Berita Bojonegoro

Punya Cadangan Gas 2,5 Triliun Kaki Kubik, JTB Diharap Atasi Defisit Gas di Jateng dan Jatim

Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola Pertamina EP Cepu (PEPC) di Bojonegoro punya cadangan gas sebesar 2,5 triliun kaki kubik

Punya Cadangan Gas 2,5 Triliun Kaki Kubik, JTB Diharap Atasi Defisit Gas di Jateng dan Jatim
surya/m sudarsono
Pemancangan perdana proyek pengembangan lapangan gas unitisasi Jambaran Tiung Biru (JTB) PEPC Bojonegoro 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan telah ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Proyek tersebut memiliki cadangan gas yang cukup besar, sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi daerah setempat maupun lainnya. JTB Site Office & PGA Manager, Kunadi mengatakan, JTB memiliki cadangan gas sebesar 2,5 triliun kaki kubik (TCF).

Dengan cadangan yang dimiliki tersebut, maka diharapkan bisa memberikan multiplier effect, khususnya untuk mengatasi defisit pasokan gas baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

"Ya dengan cadangan gas sedemikian jumlahnya, maka diharap bisa mengatasi defisit gas di Jateng dan Jatim," kata Kunadi kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Kunadi menambahkan, proyek JTB ditargetkan memproduksi sales gas sebesar 192 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD). Gas itu nantinya akan dialirkan melalui Pipa transmisi Gresik-Semarang.

PEPC sebagai operator Proyek JTB tidak akan dapat menjalankan operasi dan perannya secara lancar, tanpa dukungan penuh dari masyarakat dan pihak keamanan.

Kunadi menyebut kondusifitas di wilayah operasional akan terus dijaga sebaik mungkin, demi kelancaran proyek.

"Kami ingin kondusif tentunya, wilayah operasional aman, sehingga produksi nantinya lancar," pungkasnya.

Sekadar diketahui, proyek gas JTB ini ditarget bisa beroperasi pada 2021.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved