Khofifah Buat Service Point Perizinan di Enam Bakorwil, Urus Izin Tak Perlu Lagi Jauh ke Surabaya

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berkomitmen memperluas layanan perizinan Online Single Submission (OSS) dengan mendekatkan layanan ke daerah

Khofifah Buat Service Point Perizinan di Enam Bakorwil, Urus Izin Tak Perlu Lagi Jauh ke Surabaya
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan pelayanan perizinan di UPT Pelayanan Perizinan Terpadu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bersama Wagub Emil Elestianto Dardak, Kamis (14/3/2019) siang. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk memperluas layanan perizinan  Online Single Submission (OSS) dengan mendekatkan layanan ke daerah.

Tidak hanya itu, pelayanan perizinan juga bakal diperbanyak sektornya agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh mengurus perizinan ke pusat yang ada di Surabaya.

Hal itu ditegaskan Gubernur Khofifah usai melakukan peninjauan pelayanan perizinan di UPT Pelayanan Perizinan Terpadu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bersama Wagub Emil Elestianto Dardak, Kamis (14/3/2019) siang. 

Dalam sidak tersebut Khofifah sempat berbincang dengan sejumlah pengajuan perizinan. Mulai warga yang mengurus perizinan genset dan juga mengurus perizinan perpanjangan ijin operasional SMA dan SMK.

Bahkan ia menemukan ada pemohon izin operasional sekolah yang datang dari Lamongan. Menurutnya hal tersebut seharusnya tidak perlu dilakukan jika saja ada pendekatan layanan ke kantor terdekat. Sehingga warga masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Surabaya untuk mengurus izin.

"Kita harap akan ada perluasan layanan pada badan koordinasi wilayah (Bakorwil). Kita sebenarnya sekarang sudah memiliki Service Point di Bakorwil Jember, Malang, Madiun, dan Eks Bakorwil Kediri. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dikembangkan service point di  Bakorwil Pamekasan dan Bojonegoro," tegas Khofifah. 

Sehingga mulai pekan depan bakal ada enam Bakorwil di Jawa Timur yang bakal melayani perizinan di Jawa Timur.  Selain didekatkan ke daerah pelayanan perizinan juga ditambah macamnya.

Saat ini Bakorwil tersebut baru menangani lima sektor perizinan.  Yaitu sektor Kesehatan, PU Binamarga, PU Sumber Daya Air, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Perikanan dan Kelautan.

"Minggu depan kita akan tambah delapan sektor perizinan di Service Point di Bakorwil kita," tegas Khofifah. 

Delapan sektor pelayanan perizinan yang ditambah yaitu di sektor Ketenagakerjaan, Pendidikan, Air Tanah, ESDM (geologi), Peternakan, Perhubungan, Pariwisata, Keciptakaryaan.

Secara bertahap sektor pelayanan di daerah itu bakal ditambah hingga lengkap 19 sektor perizinan sebagaimana yang ada di Surabaya. 

Lebih lanjut Khofifah mengatakan sidak ke UPT Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini merupakan tindak lanjut usia rapat dengan para gubernur di Istana Negara kemarin. Dimana OSS dan PTSP ini menjadi salah satu fokus rencana aksi 2019 dari KPK.

"Service Point di Pamekasan akan kota resmikan tanggal 22 Maret besok," kata Khofifah.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aris Mukiyono mengatakan pihaknya siap menambah delapan sektor pelayanan perizinan di empat Service Point yang sudah ada dan dua Service Point yang bakal didirikan di Pamekasan dan Bojonegoro. 

"Terkait pelayanan perpanjangan perizinan sekolah sebenarnya sudah online.  Namun belum ada di Bojonegoro. Nanti kita buka di sana Service Pointnya jadi nggak perlu datang ke Surabaya," kata Aris.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved