Berita Bisnis

PT Pertamina EP Pilih Berkantor di Gedung Cagar Budaya Kota Surabaya, Ini Komitmennya

PT Pertamina EP Pilih Berkantor di Gedung Cagar Budaya Kota Surabaya, Ini Komitmennya

PT Pertamina EP Pilih Berkantor di Gedung Cagar Budaya Kota Surabaya, Ini Komitmennya
Istimewa
Peresmian kantor baru Pertamina EP Asset 4 yang ada di Kota Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas (migas) PT Pertamina EP, Senin (11/3/2019) meresmikan kantor barunya di Surabaya.

Kantor baru tersebut berada di komplek gedung yang dikelola Pertamina (Persero) di kawasan Jalan Veteran.

Uniknya, kantor tersebut merupakan bangunan cagar budaya yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya, melalui SK Walikota No. 188.45/251/402.104/1996 Nomor Urut 36.

Nanang Abdul Manaf Presiden Direktur PT Pertamina EP, mengatakan, keberadaan kantor baru di Surabaya ini tak lepas dari bentuk komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama Lingkungan.

"Kami memiliki daerah operasi yang tidak jauh dari kota Surabaya. Yaitu di bawah Pertamina EP Asset 4, diantaranya di Field Cepu di Kabupaten Blora Jawa Tengah, Field Sukowati di Kabupaten Bojonegoro, Field Poleng di Kabupaten Gresik dan Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Field Donggi Matindok di Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah dan Field Papua di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat," jelas Nanang.

Daerah-daerah tersebut lebih mudah terjangkau, bila diakses dari Surabaya. Paling representatif dan secara geografis paling tepat untuk mempermudah koordinasi lintas provinsi.

Sementara itu, gedung cagar budaya yang menjadi kantor baru ini, sebelumnya memiliki nama asli De Societeit Concordia.

Dirancang arsitek Belanda, JP Emerling dan dibangun pada Tahun 1843 untuk menjadi tempat hiburan di kota Surabaya. Kemudian dipugar kembali oleh GC Citroen di tahun 1917 - 1918 digunakan sebagai Kantor Bataafche Petroleum Maatschappij (BPM) dan kemudian digunakan oleh Pertamina UPDN V.

"Sebelumnya kantor asset 4 berada di Jakarta, namun dengan pertimbangan untuk mendekat kepada pemangku kepentingan maka kantor asset 4 dipindah sementara di Cepu dan per Juni 2018 mulai berangsur masuk Kota Surabaya di Gedung Cagar Budaya Jl Veteran No 06 - 08 Surabaya, sambil terus dilakukan perbaikan hingga 11 Maret 2019 ini telah selesai renovasi semua area utama," jelas Nanang.

Dalam kesempatan yang sama, Mulyono SVP Asset Strategic Planning & Optimization, Direktorat Manajemen Aset PT Pertamina (Persero) menyampaikan bahwa dengan menggunakan gedung ini, merupakan wujud Sinergi anak perusahaan dan unit operasi di lingkungan Pertamina Grup dalam mengoptimalkan pemanfaatan asset.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved