Citizen Reporter

Pernikahan Adat Pramuka, Penghargaan Purnatugas Ketua Dewan Rencana

Bentuk penghormatan kepada Nidhomul Chusniyah selaku purna-Ketua Dewan Racana Trunojoyo dan Rato Ebu 2017 yang melepas masa lajangnya.

Pernikahan Adat Pramuka, Penghargaan Purnatugas Ketua Dewan Rencana
foto: istimewa
Upacara Pernikahan Adat dilakukan sebagai suatu bentuk penghormatan kepada Nidhomul Chusniyah selaku purna-Ketua Dewan Racana Trunojoyo dan Rato Ebu 2017, (Minggu (3/3/2019). 

UPACARA Pernikahan Adat, Minggu (3/3/2019) dilakukan sebagai suatu bentuk penghormatan kepada Nidhomul Chusniyah selaku purna-Ketua Dewan Racana Trunojoyo dan Rato Ebu 2017 yang melepas masa lajangnya. Upacara dilaksanakan oleh Pramuka Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di kediaman mempelai putri tepatnya di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan.

Lama perjalanan dengan mengendarai sepeda motor yang ditempuh dari kampus ke lokasi adalah 2,5 jam dengan jarak tempuh 100 km. Kedatangan keluarga Racana disambut dengan suguhan nasi rawon dan es krim dung-dung ketika pelaksanaan upacara telah usai.

Pembawa acara kegiatan itu Khoirotul Ummah. Bersama tiga puluh anggota Pramuka UTM dengan pembagian tugas dan peran masing-masing, dengan mengenakan pakaian seragam harian lengkap dengan atributnya, Upacara Adat Pernikahan sukses dilaksanakan. Itu dengan bimbingan dari Ahmad Maulana Hasan dan Mailawati selaku Pemangku Adat Putra dan Putri. Dalam acara itu, Pemangku Adat mengenakan pakaian adat Madura.

Moh Nur Khozin bertindak sebagai pembina upacara. Upacara berlangsung khidmat, mulai dari awal hingga akhir, diikuti kedua mempelai serta para tamu. Serangkaian kegiatan dilaksanakan mulai dari pembacaan sandi Racana oleh Pemangku Adat Putri. Para tamu disilakan berdiri dan anggota pramuka mengengam hasduknya masing-masing diletakkan di dada, Pemangku Adat Putra membawa tombak sebagai pusaka Racana Trunojoyo dan Rato Ebu.

Selanjutnya, penyiraman bunga ke punggung kaki kedua mempelai dan pemberian makanan adat Racana berupa Setup Salak disuapi oleh Pemangku Adat Putra dan Kismis Salak disuapi oleh Pemangku Adat Putri. Pemberian hadiah dari keluarga Racana Trunojoyo dan Rato Ebu diserahkan setelah itu.

"Selamat menempuh hidup baru untuk Kak Nia dan Kak Hendri semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah dan dapat mengaplikasikan kerumahtanggaan Pramuka dalam kehidupan rumah tangga barunya," demikianlah amanat yang disampaikan Yudi Widadgo Harimurti, Ketua Harian Gerakan Pramuka UTM.

Nia Ifatul Mufidah
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura
niaifatulmufidah@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved