Citizen Reporter

Warung Mogan, Warung Untuk Sahabat Vegetarian di Bali

Bila anda sedang berada di Bali dan ingin mencicipi menu vegetarian, cobalah mendatangi Warung Mogan di Kuta Utara, Denpasar.

Warung Mogan, Warung Untuk Sahabat Vegetarian di Bali
ist/citizen reporter
Warung Mogan di Bali yang menyediakan menu-menu vegetarian. 

SURYA.co.id | Menu makanan sehat kini menjadi kebutuhan bagi para pecinta kuliner. Jika tidak menyeimbangkan makanan berlemak jenuh dengan makanan bervitamin, kebiasaan pelancong kuliner bisa menjadi bumerang bagi kesehatan. 

Mewujudkan kebutuhan makanan sehat tidak lagi sulit. Jika sedang di Bali, maka singgahlah juga di warung Mogan. Itu tempat makan yang tidak hanya menyajikan makanan tak berdaging sekaligus suasana yang menyenangkan.

Warung Mogan terletak di Jalan Mudu Taki 99X Br Tegal Jaya, Dalung, Kuta Utara.

Tema utamanya vegetarian dan sama sekali tidak menyediakan menu olahan ikan atau daging. Disebut demikian karena warung itu menyediakan beragam menu sayur dan kuliner tradisional Bali yang tentunya berbahan utama sayur pula.

Salah satu menu andalannya adalah Tipat Cantok. Tipat dalam bahasa Bali berarti ketupat, dan cantok berarti diulek. Tipat Cantok terbuat dari sayuran rebus dan ketupat yang disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Mula-mula siapkan bahan-bahan utama seperti tipat, kangkung, kacang panjang, tauge, tahu cina, kacang tanah goreng, terasi bakar, bawang putih, cabai rawit, petis, dan kencur.

Rebus semua sayuran dengan diberi sedikit garam hingga setengah matang. Sambil menunggu sayuran matang, goreng tahu. Setelah itu, ulek semua bumbu. Tambahkan air secukupnya hingga bumbu halus merata. Saat disajikan, potong tipat dan tahu ke bumbu lalu masukkan sayurannya. Setelah itu, aduk rata. Sajikan Tipat Cantok di atas piring.

Cita rasa kencur, petis, dan gurihnya kacang bersembunyi dalam sajian Tipat Cantok yang nikmat disantap selagi hangat. Minuman pasangannya adalah Es Daluman, nama lain dari es cincau di Bali.

Warung Mogan cocok dijadikan sarana rekreasi keluarga. Selain menyediakan menu sehat bagi pengunjung, Warung Mogan juga memiliki nuansa alami. Semua gazebo yang tersedia untuk pengunjung dipasang di tengah sawah. Sembari menunggu pesanan, pengunjung juga dapat menikmati semilir angin persawahan di warung itu.

Lantunan iringan gamelan Bali juga menambah keasrian. Di Warung Mogan juga disediakan area bermain anak-anak. Tidak perlu khawatir tentang keamanan area bermain karena mudah diawasi serta telah terpasang jaring yang dijadikan pagar pembatas.

“Ini yang menarik. Di Warung Mogan kita bisa bersantai menikmati makanan di tengah sawah, menikmati gamelan Bali. Selain itu, saya juga tidak perlu khawatir dengan anak-anak. Mereka bisa bermain sepuasnya di Kids Fun Centre,” kata Maylia, salah satu pengunjung saat ke Warung Mogan, Senin (25/2/2019).

Warung Mogan yang dibuka setiap hari mulai pukul 09.00–20.00 WITA selalu ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan. Harga makanan yang dibanderol sangat ramah di kantong membuat pengunjung tertarik untuk mencoba sensasi makan di tengah sawah.

Penulis : Ade Vika Nanda Yuniwan, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia  Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved