Citizen Reporter

Berjualan Online Gratis di Google, 50 Peserta Berlatih di Kafe Ngalup.co Coworking Space Kota Malang

Pada materi pertama, peserta disuguhkan informasi menarik dalam menjual online produk secara visual melalui konten marketing dan copywriting.

Berjualan Online Gratis di Google, 50 Peserta Berlatih di Kafe Ngalup.co Coworking Space Kota Malang
foto: istimewa
Pelatihan berjualan online gratis di Google di Kafe Ngalup.co Coworking Space Kota Malang. 

REVOLUSI Industri 4.0 sudah di depan mata. Media sosial sudah menjadi gaya hidup bagi banyak kalangan. Memaksimalkannya tidak ada salahnya justru banyak manfaatnya, salah satunya berjualan online.

Melalui Kelas Gapura Digital Yang merupakan kelas initiative dari Google siap membantu memberikan pelatihan usaha untuk rakyat.

Pelatihan gratis ini disambut antusias oleh 50 peserta yang hadir di Kafe Ngalup.co Coworking Space Kota Malang. Pada materi pertama, peserta disuguhkan informasi menarik bagaimana penulisan tentang produk secara visual melalui konten marketing dan copywriting.

Wahid yang menjadi narasumber mengingatkan tentang konten marketing. “Konten marketing lebih ke update produk kita dan copywriting tujuannya bagaimana menguras dompet costumer anda, ngilikitik dompet,” jelas Wahid.

Itu dikuatkan pemateri kedua, Ayrton Eduardo Aryaprabawa. Ia membawakan topik Trik Membangun Merek melalui Video. Menjual produk melalui video tidak asal sembarangan perlu ada materi yang menarik. Peserta diberi wawasan dalam strategi memasarkan produknya secara gratis dari platform Google.

“Google memberi kita gratis. Harapannya bisa membantu teman-teman terutama yang ada di kelas UKM dan UMKM untuk bisa punya literasi digital, marketing yang baik, dan bisa menularkan ke teman-teman lainnya. Harapan kami, sebanyak-banyaknya orang bisa belajar,” terangnya.

Ayrton menunjukkan, orang bisa menyampaikan pesan lebih banyak melalui video dan bisa meningkatkan interaksi dengan costumer di ranah Google, You Tube dalam comment section yang bisa komentar, nge-like, dislike, dan bisa menjawab respons. Yang terpenting dari video, orang membuat image lebih kuat ke orang-orang tentang brand yang dijalankan.

Hari kedua, peserta diajari cara mengoptimalkan produk yang dijual di mesin pencari dengan sebelumnya mendaftarkan usahanya pada Aplikasi Google Bisnisku.

Hal itu memudahkan pengunjung untuk tahu lokasi, jam kerja, nomor telepon dari tokonya secara offline dan online.

Tidak hanya itu, peserta juga diberi teknik memanfaatkan SEO ( Search Engine Optimization ) dan SEM ( Search Engine Marketing ). Tujuannya adalah produk bisa menduduki posisi pertama ketika dicari pengunjung melalui keywords di mesin pencari Google.

Pelatihan Gapura Digital terbuka untuk semua kalangan yang ingin merintis dan mengembangkan usahanya. Gapura Digital tersedia di 14 kota, yaitu Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Pontianak, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan Lombok.

Reza Aulia Rakhman
Alumnus Ilmu Hubungan Internasional
Universitas Brawijaya Malang
rezapiez@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved