Angka Swing Voters Tinggi, PDIP Jatim Soroti Kredibilitas Lembaga Survei Polmark

PDI Perjuangan Jawa Timur mengritik temuan lembaga survei Polmark yang menyebut angka swing voters dalam Pilpres 2019 masih 48 persen.

Angka Swing Voters Tinggi, PDIP Jatim Soroti Kredibilitas Lembaga Survei Polmark
SURYAOnline/bobby constantine koloway
Eep Saefulloh Fatah, Founder dan CEO Polmark Indonesia saat berbicara di Forum Pikiran Akal dan Nalar di Surabaya, Selasa (5/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Bambang Juwono memberikan tanggapan terkait hasil rilis survei PolMark yang mengatakan masih tingginya angka swing voter terhadap kedua pasangan Capres-cawapres dalam Pemilu 2019.

Dalam survei yang dirilis 5 Maret 2019 tersebut, swing voters masih berada di angka 48 persen.

Menurut Logos, sapaan akrab Bambang Juwono hasil survei tersebut sah-sah saja, namun dirinya mengajak publik untuk lebih memperhatikan kredibilitas suatu lembaga survei.

"Apakah ada kecenderungan atau tidak, ada keberpihakan atau tidak," kata Logos, Minggu (10/3/2019).

Hal itu menurut Logos penting, karena rilis lembaga survei merupakan informasi yang dikonsumsi publik sehingga data yang disajikan harus lah akurat

"Apalagi kan dilakukan dengan metode yang ilmiah kan. Tapi ini kita apresiasi dan bisa menjadi motivasi kita untuk lebih sering turun (kampanye)," kata anggota DPRD Provinsi Jatim ini.

Lebih lanjut, Logos mengatakan sebagai partai pengusung, totalitas PDIP dalam mengkampanyekan Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin tidak perlu diragukan.

Salah satunya adalah para Caleg yang diinstruksikan untuk mengkampanyekan Jokowi-Ma'ruf terlebih dahulu dibandingkan pencalonannya di Pileg.

Hal ini menjadi perhatian PDIP karena Logos menilai salah satu faktor yang menentukan elektabilitas Capres-cawapres adalah kinerja kampanye para caleg partai koalisi di Dapilnya masing-masing.

"Dan intruksi dari Bu Mega (Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri) sudah jelas bahwa pemenangan Pilpres dan Pileg ini satu tarikan nafas," ucap Caleg DPRD Provinsi Jatim dari Dapil Jatim IX (Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi) ini.

Untuk itu, Logos yakin elektabilitas PDIP di Pileg terutama di Jatim yang tinggi akan berbanding lurus juga dengan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jatim.

Pakde Karwo Ragukan Hasil Survey Polmark yang Sebut Swing Voters 48 Persen

Swing Voters Masih Tinggi, Ini Kata Pakar Komunikasi Politik Unair Suko Widodo

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved