Advertorial

11 Universitas Asal Provinsi Tianjin Tawarkan Beasiswa bagi Lulusan SMA/SMK Jatim

Pemprov Jatim bersama Provinsi Tianjin Republik Rakyat Tiongkok kembali menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dalam bentuk beasiswa

11 Universitas Asal Provinsi Tianjin Tawarkan Beasiswa bagi Lulusan SMA/SMK Jatim
surya/sulvi sofiana
Siswa SMA/SMK di Jatim saat mencari informasi beasiswa dalam 2019 Tianjin Higher Education Fair di Kantor Dindik Jatim, Minggu (10/3/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemprov Jatim bersama Provinsi Tianjin Republik Rakyat Tiongkok kembali menjajaki kerja sama di bidang pendidikan. Tak hanya pertukaran pelajar dan transfer ilmu, kini pemerintah Provinsi Tianjin menawarkan pemberian beasiswa kuliah melalui 11 universitas yang disosialisasikan dalam 2019 Tianjin Higher Education Fair di Kantor Dindik Jatim, Minggu (10/3/2019).

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok, Gu Jingqi, mengungkapkan Tianjin merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak universitas dengan kualitas tingkat dunia.

"Menurut saya ada dua pepatah yang menggambatkan hubungan Tianjin dan Jatim. Tak kenal maka tak sayang dan jauh di mata dekat di hati. Pameran ini upaya kami untuk mengenalkan pendidikan di Tianjin pada siswa di Jatim," kata Gu Jingqi.

Menurutnya, pemerintah Tianjin telah menawarkan beasiswa dengan pembebasan uang kuliah pada calon mahasiswa asal SMA/SMK di Jatim. Tentunya dengan melalui sistem seleksi yang ada.

"Bahasa Inggris yang penting. Bahasa Mandarin bisa dipelajari di sana. Bahkan ada alumnus asal Jatim yang kuliah di Tianjin bahasa Mandarinnya sekarang sangat lancar," ujarnya.

Mengenai sarana dan lingkungan tempat tinggal, menurutnya Tiongkok sudah terbuka pada masyarakat muslim. Bahkan terdapat kantin yang menyediakan makanan halal.

"Kami juga mencarikan pekerjaan bagi lulusan yang mendapat beasiswa daei pemerintah. Jadi pulang ke Indonesia juga punya pengalaman kerja," lanjutnya.

Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman, mengungkapkan kerja sama dengan Provinsi Tianjin dalam bidang pendidikan merupakan bentuk dari sister province yang dibangun kedua pihak.

"Selama ini hubungan sudah baik, tetapi dengan adanya pameran ini lebih baik lagi karena 11 universitas datang langsung. Jadi banyak beasiswa yang bisa ditawarkan," timbuh Saiful.

Dengan pameran ini Saiful berharap lebih banyak siswa yang terjaring dalam beasiswa.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved