Rumah Politik Jatim

Sejumlah Kiai Sepuh di Jatim Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf

Forum Kiai Bersatu se-Jatim kian meneguhkan dukungan kepada pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin

Sejumlah Kiai Sepuh di Jatim Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
KH Ahmad Fahrur Rozi 

SURYA.co.id | SURABAYA – Sekitar 300 ulama sepuh dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) yang tergabung dalam Forum Kiai Bersatu se-Jatim kian meneguhkan dukungan kepada pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Beberapa di antara kiai sepuh yang hadir adalah pengasuh pesantren besar di Jatim.

Koordinator Forum Kiai Bersatu se-Jatim, KH Ahmad Fahrur Rozi menjelaskan bahwa satu di antara alasan pihaknya mendukung paslon nomor urut 01  ini karena mempertimbangkan figur KH Ma’ruf Amin. Yang mana, Kiai Ma’ruf merupakan representas kader terbaik Nahdlatul Ulama (NU).

Sehingga menurutnya, sudah menjadi keharusan bagi warga NU untuk mendukung mantan Rais Aam PBNU tersebut.

“Kami akan berikhtiar lahir bathin dengan bermunajat kepada Allah SWT untuk kemenangan pasangan 01. Dukungan ini demi keselamatan dan keamanan bangsa dan negara,” kata pria yang akrab disapa Gus Fahrur ini dalam acara silaturahmi alim ulama NU di Surabaya, Sabtu (9/3/2019).

Alasan lain, para kiai menilai bahwa selama menjadi presiden di periode pertama, Jokowi dinilai berhasil memberikan perhatian yang besar pada pesantren.

"Misalnya, Hari santri juga lahir dari kebijakan Jokowi,

Gus Fahrur menambahkan bahwa dalam waktu dekat para kiai dan pengasuh Ponpes pendukung Jokowi akan menggelar sejumlah kegiatan sosialisasi di daerah-daerah di Jatim. Salah satunya adalah di Nganjuk dan di Gresik.

Dalam kegiatan tersebut, mereka akan mengerahkan para kiai kampung yang ada didaerah masing-masing berikut santrinya.

”Kami akan mengarahkan untuk mendukung Bapak Jokowi. Kami akan merapatkan barisan untuk menangkal berita bohong dan ujaran kebencian,” ujarnya.

Selain melalui forum ini, sebelumnya Forum Kiai Bersatu se-Jatim juga telah mendeklarasikan dukungan di Surabaya pada akhir Januari (30/1/2019). Saat itu, perwakilan pengasuh pesantren besar juga turut hadir. Di antaranya, KH Reza Ahmad Zahid, Lirboyo, Kediri; kemudian KH Mas Kholil Mawawi, Sidogiri, Pasuruan; KH Abdussalam, Denanyar, Jombang; KH Ali Mustofa, Nganjuk; serta beberapa Kiai lainnya.

Pada deklarasi lalu, juga dilakukan sejumlah pembahasan langkah pemenangan. Harapannya, pasca pertemuan, relawan bisa langsung bergerak di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Timur tetap secara massif dan terstruktur.

”Para Kiai terbagi 15-20 orang di masing-masing kabupaten/kota. Mereka nanti akan membentuk tim di tingkat kecamatan dan desa dengan melibatkan kiai kampung dan santri alumni pesantren," kata KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) koordinator Forum Kiai Bersatu Jawa Timur, di sela-sela deklarasi, Rabu (30/1/2019) lalu.

Berikut 10 Kiai Sepuh di Jatim yang Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin:

1.       KH Zainuddin Djazuli, Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso Mojo Kediri
2.       KH Anwar Manshur, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri
3.       KH Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan
4.       KH Ubaidillah Faqih, Pengasuh Ponpes Langitan Tuban
5.       KH Idris Hamid, Pengasuh Ponpes Salafiyah Pasuruan
6.       KH Anwar lskandar, Pengasuh Ponpes Al Amin Kediri
7.       KH Mutawakkil Alallah, Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo
8.       KH Manuqi Mustamar, Pengasuh Ponpes Sahilqu Malang
9.       KH Ali Masyhuri, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo
10.   KH Syafiuddin Abd Wahid, Pengasuh Ponpes Gersempal Sampang

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved