Citizen

Pondok Ilmu, Program Mahasiswa KKN Univeritas Tronojoyo Madura: Ajak Anak-anak Dusun Melek Teknologi

Selain mata pelajaran umum, anak-anak juga dikenalkan dengan dunia teknologi. Mereka diajarkan tentang pengenalan perangkat komputer.

Pondok Ilmu, Program Mahasiswa KKN Univeritas Tronojoyo Madura: Ajak Anak-anak Dusun Melek Teknologi
foto: istimewa
Mahasiswa KKN 70 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan program kerja Pondok Ilmu di Desa Brakas Dajah, Modung, Bangkalan. 

Sekolah merupakan tempat bagi anak-anak untuk menimba ilmu. Namun, karena keterbatasan waktu serta sarana, wawasan para siswa kadang masih kurang mencukupi.

Oleh karena itulah, mahasiswa KKN 70 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan program kerja Pondok Ilmu yang dilaksanakan setiap malam hari kecuali hari Sabtu, sejak minggu kedua KKN, yaitu mulai 31 Desember 2018-19 Januari 2019, di Desa Brakas Dajah, Modung, Bangkalan.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa KKN 70 memfasilitasi anak-anak dengan beragam buku bacaan, mulai buku calistung (baca, tulis, hitung) untuk anak-anak tingkat TK dan kelas rendah (1, 2, 3) hingga buku berisi wawasan umum untuk kelas 4, 5 dan 6.

Selain mata pelajaran umum, anak-anak juga dikenalkan dengan dunia teknologi. Mereka diajarkan tentang pengenalan perangkat komputer serta cara mengoperasikan beberapa perangkat lunak, seperti Ms. Word, Paint, dan lain-lain.
Setiap kegiatan berlangsung, biasanya terdapat 10-25 anak yang hadir. Mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai tingkatannya. Masing-masing kelompok dipandu oleh 1-2 mahasiswa.

Menurut Muzemmil selaku Koordinator Desa KKN 70, kegiatan itu bermanfaat untuk meningkatkan wawasan pengetahuan anak-anak dan memberikan mereka mentoring lebih intensif. Proses pembelajaran berlangsung lebih mudah.

“Masing-masing mahasiswa akan mementori antara 4-5 anak, sesuai tingkatannya sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih mudah. Mereka juga akan diajarkan pengetahuan umum,” paparnya.

Pelaksanaan kegiatan pondok ilmu berlangsung di empat dusun di desa Brakas Dajah dengan jadwal yang berbeda, yaitu, Senin dan Jumat di Dusun Takabuh Barat, Selasa dan Kamis di Dusun Takabuh Tengah, serta Rabu dan Minggu di DusunTakabuh Timur dan Dusun Utara.

Holilah, siswa SDN Brakas Dajah 1 mengaku senang pada kegiatan pondok ilmu. Menurutnya, kegiatan itu dapat membantu dia dan teman-temannya mendapatkan ilmu baru yang tidak didapatnya di sekolah.

“Kalau bertanya pada sama kakak KKN nggak malu. Jadi, bebas bisa nanya apa saja,” ujarnya.

Siti Halwah
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
UniversitasTrunojoyo Madura
sitihalwah@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved