Berita Surabaya

Guru IPS Harus Kenali Kompetensi Siswa, Seperti Ini Cara Mengajar yang Tepat

Salah satu strategi pembelajaran ini menurutnya dengan mengubah konsep pembelajaran dari teacher center menjadi student center.

Guru IPS Harus Kenali Kompetensi Siswa, Seperti Ini Cara Mengajar yang Tepat
surya.co.id/sulvi sofiana
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Sudarminto dalam Bimbingan Teknis Strategi dan Pembelajaran Dalam Menyongsong Era Society 4,0 di Universitas Narotama (Unnar), Sabtu (9/3/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Guru IPS menjadi salah satu guru yang memiliki peran dalam mengenali kompetensi siswa.

Hal ini diungkapkan kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Sudarminto dalam Bimbingan Teknis Strategi dan Pembelajaran Dalam Menyongsong Era Society 4,0 di Universitas Narotama (Unnar), Sabtu (9/3/2019).

Bimbingan teknis yang digelar Forum Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Seluruh Indonesia (Forgipsi) Provinsi Jatim ini menurutnya diperlukan untuk meningkatkan strategi pembelajaran 4,0.

"Kecakapan yang diperlukan di pergeseran abad 21 bagi guru IPS ini meliputi literasi dasar, kompetensi dan karakter anak. Sehingga strategi pembelajaran guru IPS harus bisa mengarah dalam memaksimalkan kompetensi siswa itu,"urainya.

Salah satu strategi pembelajaran ini menurutnya dengan mengubah konsep pembelajaran dari teacher center menjadi student center.

Student center ini harus memperhatikan karakter tiap anak.

Jadi setiap anak harus sesuai kemampuannya dalam menangkap pelajaran, bisa melalui praktek, diskusi ataupun permainan.

"Guru dituntut untuk meningkatkan seluruh kompetensi siswa ini. Jadi ngajar tidak hanya dengan kompetensi ceramah saja, tetapi juga dengan cara lainnya. Harus digali seluruh kompetensi pengajaran yang bisa diserap anak,"lanjutnya.

Hal ini menurutnya menjadi kelebihan guru IPS yang memiliki kemampuan metakognitif.

Yaitu analisis yang tajam dan lama serta keputusannya yang akurat.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved