Citizen Reporter

Sharing Hijrah "Cintai Hijrahmu, Hijrahkan Cintamu": Motivasi Anak Muda Istiqomah dalam Kebaikan

Fenomena hijrah memang sedang populer akhir-akhir ini. Fenomena ini bermula dari artis-artis yang dulunya mengenyam kehidupan bebas berubah kalem.

Sharing Hijrah
foto: istimewa
Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Malang Unit Layanan Malang bersama Komunitas Vateach.id mengadakan Sharing Hijrah bertema Cintai Hijrahmu, Hijrahkan Cintamu di Masjid Ramadhan Perum Griyashanta, Malang, Minggu (20/1/2019). 

Fenomena hijrah memang sedang populer akhir-akhir ini. Fenomena ini bermula dari artis-artis yang dulunya mengenyam kehidupan bebas menjadi berubah lebih kalem. Anak-anak muda yang dulu berpakaian terbuka, tiba-tiba menjadi tertutup, yang dulu populer mengenakan celana jeans, tiba-tiba berubah mengenakan gamis berkerudung panjang.

Anak-anak muda yang ada pada saat ini adalah anak-anak muda yang lahir antara tahun 1982–2000, biasa disebut generasi milenial. Menurut Lancaster dan Stillman, generasi milenial memiliki karakteristik lebih menghargai perbedaan, percaya pada nilai-nilai moral dan sosial.

Generasi ini sangat terbuka terhadap suatu perubahan atau perbedaan dan dinilai amat kreatif. Generasi milenial mudah menerima ajaran Islam di antaranya karena para tokoh agama yang mengajarkan Islam hari ini mengikuti mode yang digunakan oleh anak-anak muda. Itu seperti Habib Muhammad Bin Anies Shahab yang dalam usia muda sering mengisi kajian di beberapa tempat dan dijuluki sebagai ‘Habib Milenial’.

Sakti (eks Gitaris Band Sheila On 7) sudah meninggalkan gemerlapnya dunia hiburan dan memilih hidup sederhana dengan berdakwah mengisi majelis dari pengajian ke pengajian dan mengganti nama menjadi Ustaz Salman Aljugjawi.

Ada pula Mario Irwinsyah, publik figur yang namanya terkenal berkat membintangi puluhan layar lebar sejak 1984, bermain di sinetron dan FTV sampai bintang iklan itu memilih meninggalkan gemerlapnya dunia hiburan yang membesarkan namanya itu.

Putra dari artis senior Ida Leman itu lebih memilih aktif di kegiatan-kegiatan keagamaan dan sedang mengembangkan tontonan Islami untuk anak yaitu Nussa dan Rarra. Di serial animasi yang sedang populer youtube ini, ia berperan sebagai brand ambasador.

Berangkat dari semangat itu, Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Malang Unit Layanan Malang bersama Komunitas Vateach.id mengadakan Sharing Hijrah bertema Cintai Hijrahmu, Hijrahkan Cintamu, Minggu (20/1/2019) di Masjid Ramadhan Perum Griyashanta, Malang.

Acara diikuti sekitar 750 peserta dari Malang, Kediri, Mojokerto, dan sekitarnya dengan didominasi anak-anak muda.

Dawud Sulaiman, perwakilan LMI Area 3 Jatim menyampaikan, acara itu digelar untuk memberikan motivasi kepada kaum muda untuk senantiasa istiqomah dalam kebaikan.

Mario bercerita tentang kehidupannya. Ketika masuk dunia hiburan, ia sering mengikuti arus dengan clubbing dan menikmati dunia malam. Namun, sejak memutuskan untuk berubah, ia mulai belajar dan berkumpul dengan teman-teman yang bisa memberikan contoh positif seperti Tengku Wisnu.

“Dakwah itu adab. Seseorang yang sudah memiliki ilmu tidak cukup hanya dimiliki dan disimpan, namun juga diamalkan, baik dalam berdakwah dan kehidupan sehari-hari dengan begitu ilmu yang dimiliki akan lebih bermanfaat,” kata Salman Aljugjawi.

Farah A Syahidah
Volunteer Vateach.id
paktaufik10@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved