Citizen Reporter

Rover Ranger Challenge (RRC) X 2019 STKIP PGRI Ponorogo, Berlomba sambil Cuci Mata

Rover Ranger Challenge (RRC) X 2019 Racana Suro Menggolo–Dewi Songgolangit STKIP PGRI Ponorogo melebarkan aksinya.

Rover Ranger Challenge (RRC) X 2019 STKIP PGRI Ponorogo, Berlomba sambil Cuci Mata
foto: istimewa
Para peserta Rover Ranger Challenge (RRC) X 2019 menyelesaikan tantangan. 

Rover Ranger Challenge (RRC) X 2019 Racana Suro Menggolo–Dewi Songgolangit STKIP PGRI Ponorogo melebarkan aksinya. Peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari Ponorogo saja, merambah wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Tatang, Ketua Dewan Racana mengatakan, peningkatan jumlah peserta maupun jenis lomba terjadi setiap tahun. Ratusan peserta memadati kampus literasi itu, Minggu (17/2/2019).

Menariknya, selain berkompetisi untuk mendapat gelar juara, ajang cuci mata merupakan salah satu motivasi hadirnya peserta dalam kegiatan RRC X 2019. Pendapat itu diungkapkan Wahyu Romdoni, peserta dari SMK PGRI 2 Ponorogo.

“Seru, penuh tantangan, serta untuk cuci mata,” kata Wahyu.

Dengan semangat kepramukaan, semua menjunjung tinggi budaya dan sportivitas, tema yang dipilihnya. Teka Teki Sandi, Scout Challenge, PP+Dragbar, Macapat, Pramuka Bersorak, Pantomim, Pionering, dan Metacom (Medan Peta Kompas) menjadi rangkaian mata lomba yang dihadirkan.

Pukul 08.00, upacara pembukaan dimulai. Aries Isnanda, Andalan Daerah Organisasi dan Hukum Kwarda Jatim berharap peserta menjadi generasi muda yang peka teknologi.

“Saya berharap kegiatan ini mendorong peserta berinovasi dan menghadirkan perlombaan yang melibatkan pemanfaatan teknologi,” tutur Aries.

Jiwa sportivitas pemuda yang tangguh nyata tersirat dari setiap pribadi peserta. Sorakan dan gemuruh tepuk tangan seakan menyulut kepercayaan diri setiap peserta untuk menampilkan yang terbaik disetiap cabang lomba yang diikuti.

“Apresiasi terbaik untuk panitia, menghadirkan lomba macapat sebagai bentuk cinta budaya di kalangan remaja,” tutur Fitri, dosen sekaligus juri Macapat.

Itu sebagai pembuktian partisipasi mahasiswa STKIP PGRI Ponorogo akan kecintaanya terhadap budaya Jawa dan upaya pelestariannya.

Retno Kumorowati, pembina Pramuka Putri STKIP PGRI Ponorogo menutup kegiatan. Saat itu diumumkan pemenang pertama RRC X 2019 putra diraih SMKN 1 Slahung. Tim putrid SMKN 1 Slahung menjadi pemenang pertama RRC X 2019.

Sekolah lain yang menang adalah SMK Pancasila 8 Slogohimo, SMAN 1 Ponorogo, SMAN 1 Jenangan, dan SMK Kesehatan BKM. Juara umum diraih SMKN 1 Slahung.

Renita Ayu Kumalasari
Mahasiswa STKIP PGRI Ponorogo
renitanita245@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved