Citizen Reporter

Program PSN Ibu-ibu Jumantik Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Peterongan, Jombang, ini Targetnya

Kegiatan pemantauan jentik dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Jumantik berbagi tugas memantau setiap rumah.

Program PSN Ibu-ibu Jumantik Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Peterongan, Jombang, ini Targetnya
foto: istimewa
Ibu-ibu Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan, Jombang menjalankan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Dusun Gading RT 14 RW 4, Jumat pagi (8/2/2019). 

JURU Pemantau Jentik (Jumantik) Dusun Gading, Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang menjalankan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Dusun Gading RT 14 RW 4, Jumat pagi, (8/2/2019). Kegiatan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kegiatan pemantauan jentik dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Jumantik berbagi tugas memantau setiap rumah, dilaksanakan secara bergilir setiap RT di Dusun Gading.

Berbekal senter dan kartu pemeriksaan jentik, jumantik mengunjungi dari satu rumah ke kerumah lainnya untuk melihat tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti bak mandi, drum, kaleng bekas, ban bekas, tempat minum burung, tempayan, pecahan botol, alas pot tanaman, dan lain-lain.

Cara pemberantasan sarang nyamuk yang dilakukan yaitu menguras, menutup tempat-tempat genangan air, abatesasi dengan bubuk abate dan pemberian ikan di bak mandi. Jumantik memberikan bubuk abate secara gratis pada warga untuk mencegah dan membasmi perkembangbiakan nyamuk.

Siti Umroh, petugas jumantik, mengungkapkan cara pemberian bubuk abate yang diberikan pada warga yakni. Pertama, menyiapkan bubuk abate yang sudah dibungkus plastik. Kedua, melakukan pemantauan pada tempat yang berisi penampungan air. Ketiga, apabila terdapat jentik, maka kuras tempat penampungan air lalu diisi dengan air bersih. Keempat, memberi bubuk abate.

Jumantik yang sudah selesai memantau, akan mencatat pada blangko dengan memberi catatan jumlah tempat-tempat yang positif terdapat jentik dan cara pemberantasannya. Hasil pemeriksaan setiap kegiatan, disetorkan ke petugas kesehatan kecamatan untuk dianalisis dan ditindak lanjut.

“Kebersihan lingkungan harus terus dijaga untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah, terlebih pada musim penghujan,“ tutur Hj Zahro, petugas kesehatan Kecamatan Peterongan.

Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga dan lingkungan. Menurut Hanifah, petugas jumatik, menjaga lingkungan dari penyakit demam berdarah merupakan tanggung jawab bersama. Itu dimulai dengan kebersihan setiap rumah. Misal dilakukan dengan menutup saluran air yang tidak dipakai, rutin menguras bak mandi, tidak sembarangan menggantung pakaian, merapikan tanaman di sekitar rumah.

Para Jumantik Dusun Gading berharap, mereka hidup di lingkungan bersih dan bebas jentik. Semoga semua terhindar dari penyakit demam berdarah, serta hidup dalam kesehatan, kenyamanan, dan kedamaian.

Suci Aristanti
Mahasiswa Pascasarjana
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
suciaristanti27@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved