Citizen Reporter

Kelas Prakarya Siswa SMP Islam Sabilillah Malang: Olahan Aneka Buah dengan Pertimbangkan 2 Aspek ini

Sekolah SMP Islam Sabilillah Malang melaksanakan kelas prakarya dengan topik membuat olahan makanan dan minuman berbahan dasar buah-buahan.

Kelas Prakarya Siswa SMP Islam Sabilillah Malang: Olahan Aneka Buah dengan Pertimbangkan 2 Aspek ini
foto: istimewa
Tiga siswa SMP Islam Sabilillah Malang menunjukkan hasil karya mereka olahan berbahan aneka buah. 

SEKOLAH SMP Islam Sabilillah Malang melaksanakan kelas prakarya dengan topik membuat olahan makanan dan minuman berbahan dasar buah-buahan.

Setiap siswa dibagi dalam kelompok dan diminta untuk mengolah buah-buahan menjadi makanan yang siap dinikmati baik dengan cara dimasak maupun tanpa dimasak. Kegiatan itu diselenggarakan Selasa (12/2/2019) di lapangan SMP Islam Sabilillah Malang.

Sebelum praktik mengolah makanan, siswa mendapatkan materi yang berkaitan dengan jenis buah-buahan, cara pengolahannya, serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Pemhaman akan manfaat dan proses pengolahannya penting untuk diketahui siswa untuk menambah nilai pada olahan makanan yang akan mereka sajikan.

Siswa ditantang praktik mengolah makanan dengan cara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas 2-3 orang. Jumlah kelompok yang sangat sedikit bertujuan agar setiap siswa dapat benar-benar serius dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan olahan buah itu. Setiap kelompok wajib menyajikan satu makanan dan satu minuman.

Mereka sangat antusias mengikuti kelas prakarya. Mereka mengolah pisang, buah naga, lemon, ceri, stroberi, leci, belimbing, anggur, semangka, melon, apel, dan buah lainnya yang mudah didapat, menjadi makanan dan minuman yang menarik.

Dengan riangnya siswa membuat sajian minuman berupa jeruk peras, es leci, es lemon tea, tasty grape, sop buah, jus buah naga, lemon squash, gor-gor, jus apel, jus anggur, strawberry smores. Mereka juga membuat makanan berupa cake in jar, pan fruit, pisang gulung, pisang goreng, Pafama’s, lumpia, salad, sate buah, sangget, dan lainnya.

Siswa tidak hanya menyajikan makanan, namun juga bisa memperhitungkan aspek layak konsumsi serta kesehatan bagi tubuh.

Maka dari itu, mereka berpikir sebisa-bisanya tidak menghilangkan kandungan nutrisinya. Sebelum mengolah, siswa mematangkan konsep dengan anggota kelompoknya sehingga menjadi jelas akan diproses menjadi apa buah-buahan yang telah mereka pilih.

Setiap siswa dalam kelompok menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri, artinya tidak ada campur tangan guru dalam menyiapkan olahan makanan.

Siswa membawa bahan dasar buah, hiasan sajian, peralatan masak seperti kompor, piring, gelas, sendok dan peralatan lain dari rumah. Setiap anggota kelompok, berbagi tugas untuk membawa peralatan yang dibutuhkan dalam mengolah makanan.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved