Citizen Reporter

IKIP Budi Utomo Malang Gelar Pelatihan Home Décor untuk Ibu-ibu PKK, Bikin Nomor Rumah agar Seragam

Rachmawati mengajak anggota Dasa Wisma mawar 4 membuat nomor rumah yang seragam karena ada banyak rumah yang belum memasang nomor rumah.

IKIP Budi Utomo Malang Gelar Pelatihan Home Décor untuk Ibu-ibu PKK, Bikin Nomor Rumah agar Seragam
foto: istimewa
Ibu-ibu anggota Dasa Wisma Mawar 4 di Perumahan Sukun Pondok Indah Malang mengikuti pelatihan membuat nomor rumah. 

Rumah merupakan tempat ternyaman. Sejauh-jauhnya seseorang pergi bertualang, ia akan rindu untuk pulang. Untuk itulah, suasana rumah perlu diciptakan senyaman-nyamannya. Begitu pula dengan pernak-pernik rumah instagramable yang belakangan ini sedang marak sehingga memunculkan aneka home décor yang menarik.

Itu sebabnya, Rachmawati dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IKIP Budi Utomo Malang dengan dibantu Firda Alfiana Patricia dan Rina Wijayanti, mengadakan pelatihan untuk ibu-ibu anggota Dasa Wisma Mawar 4 di Perumahan Sukun Pondok Indah Malang. Isi dari pelatihan itu adalah membuat home décor dari benda yang sudah tidak terpakai.

Rachmawati mengajak anggota Dasa Wisma mawar 4 membuat nomor rumah yang seragam karena ada banyak rumah yang belum memasang nomor rumah. Dengan cara sederhana dan dari bahan yang mudah didapat, pelatihan yang dilakukan Sabtu (16/2/2019) menarik minat para ibu.

Bahan yang dibutuhkan adalah papan talenan, kancing baju, dan stik es krim. Sebagai alat pendukung digunakan pensil dan lem tembak. Ukuran papan talenan diusahakan yang besar agar nomor rumah dapat terlihat dengan jelas dari kejauhan. Kancing baju juga dipilih yang warnanya mencolok agar nomor rumah jelas terbaca.

Stik es krim dipakai sebagai variasi hiasan, bisa dicat terlebih dahulu atau tetap dengan warna aslinya, disesuaikan dengan selera.

Langkah pertama dalam pembuatan nomor rumah itu adalah menulis angka di papan talenan yang sudah dibersihkan sesuai dengan nomor rumah. Kancing baju dipilih sesuai selera, bisa warna yang senada atau warna yang diselang-seling. Langkah selanjutnya, kancing baju dilem satu per satu dengan menggunakan lem tembak yang sudah dipanaskan.

“Disarankan memberi lemnya sedikit demi sedikit karena lem tembak cepat kering,” kata Rachmawati.
Setelah selesai menempel kancing baju barulah diberi variasi hiasan menggunakan stik es krim. Bentuk variasi hiasan juga sesuai kreativitas.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu Dasa Wisma Mawar 4 Sukun Pondok Indah Malang. Mereka dapat menggunakan benda tak terpakai untuk diolah menjadi barang bermanfaat yang cantik dan memiliki nilai jual sehingga untuk memiliki home décor yang berfungsi memperindah rumah tidak perlu lagi membeli.

Firda Alfiana Patricia
IKIP Budi Utomo Malang
firdaalfianapatricia1985@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved