Rumah Politik Jatim

Wahyu Budi Priyanto Ingin Kembangkan UMKM Kabupaten Pasuruan untuk Buka Lapangan Kerja

Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Pasuruan Dapil I, Wahyu Budi Priyanto, memiliki keinginan untuk memajukan UMKM di Kabupaten Pasuruan

Wahyu Budi Priyanto Ingin Kembangkan UMKM Kabupaten Pasuruan untuk Buka Lapangan Kerja
surya/galih lintartika
Caleg DPRD Kabupaten Pasuruan Dapil I, Wahyu Budi Priyanto saat memamerkan UMKM budidaya kambing etawa yang diambil susunya. Siapa sangka, susu kambing etawa ini memiliki daya jual tinggi. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Pasuruan Dapil I, Wahyu Budi Priyanto, memiliki keinginan untuk memajukan UMKM di Kabupaten Pasuruan. Jika ditakdirkan duduk di kursi dewan, pria yang akrab disapa Wahyu ini akan berusaha semaksimal mungkin memberdayakan UMKM.

Politisi asal Partai Golkar ini menilai, pemberdayaan UMKM ini merupakan bentuk tegas dalam menyikapi situasi dan kondisi ketenagakerjaan, di mana angkatan kerja setiap tahun bertambah dan tidak seimbang dengan terciptanya lapangan kerja.

Terutama, kata dia, dengan munculnya, fenomena banyak industri padat karya yang tutup ataupun relokasi dari Pasuruan ke daerah lain. Hal itu terjadi karena semakin tingginya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan di Pasuruan.

Padahal, industri padat karya ini yang mampu menyerap tenaga kerja dalam kapasitas besar.

Maka salah satu solusi untuk menyerap angkatan kerja adalah dengan pemberdayaan UMKM,

"Pemberdayaan UMKM akan menciptakan lapangan kerja sendiri, dengan memaksimalkan kegiatan positif yang mengarah pada kemandirian baik secara pekerjaan maupun finansial," kata Wahyu.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua HRD Club Pasuruan ini menjelaskan, banyak potensi yang bisa digali dan dikembangkan, misalnya budidaya ikan lele yang berorientasi pada pasar ekspor, budidaya kambing etawa yang menghasilkan susu kambing yang diminati, budidaya pertanian hidroponik dan beberapa kegiatan lain.

Menurut Wahyu, beberapa kegiatan tersebut di atas memiliki peluang yang tinggi dan pasar yang masih terbuka luas.

Permintaan masih lebih tinggi rasionya dibanding ketersediaan barang di pasaran.

Peluang untuk memaksimalkan UMKM di Kabupaten Pasuruan masih sangat terbuka.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved