Citizen Reporter

SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri Jadikan Jumat Hari Istimewa Adiwiyata, ini Alasannya 

Antusias Jumat Adiwiyata itu terpancar dari semangat dalam melaksankan kegiatan, meskipun harus berkotor-kotoran dan bergelut dengan sampah.

SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri Jadikan Jumat Hari Istimewa Adiwiyata, ini Alasannya 
foto: istimewa
Aksi bersih-bersih para siswa SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri dalam program Jumat Adiwiyata. 

Ada yang berbeda dari aktivitas pembelajaran di SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri. Tepat pukul 07.00 peserta didik sudah bersiap di halaman sekolah dengan membawa berbagai alat kebersihan, Jumat (15/2/2019). Aksi bersih-bersih diikuti seluruh keluarga besar SMAN 1 Purwantoro, termasuk guru dan staf tata usaha.

Usai melaksanakan apel di halaman sekolah, semua langsung bergerak sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan. Ada yang membersihkan kelas, halaman, laboratorium, masjid, dan taman sekolah. Pembagian kelompok kebersihan sudah dibagi pada hari sebelumnya oleh wakasek kesiswaaan.

Antusias Jumat Adiwiyata itu terpancar dari semangat dalam melaksankan kegiatan. Meskipun harus berkotor-kotoran dan bergelut dengan sampah, mereka tampak bersemangat. Beberapa di antara mereka bahkan memanjat tembok untuk membersihkan langit-langit dari kotoran.

Tika, salah satu siswa mengatakan senang mengikuti Jumat Adiwiyata. Ia bersama teman-temannya bisa melakukan aksi nyata untuk turut menggemakan adiwiyata di SMAN 1 Purwantoro.

“Untuk mewujudkan adiwiyata membutuhkan aksi, bukan hanya teori,” ungkapnya.

Program itu merupakan tindak lanjut program sekolah yang merupakan sekolah adiwiyata mandiri untuk menanamkan karakter peduli lingkungan di sekolah.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk menanamkan karakter mulia pada peserta didik melalui aksi nyata yang dilakukan bersama-sama,” ujar Joni Purwanto, Wakasek Kesiswaaan SMAN 1 Purwantoro.

Apakah setelah bersih-bersih mereka langsung pulang? Tidak. Mereka melanjutkan kegiatan pembelajaran hingga usai. Selingan di Jumat pagi membuat sepanjang hari itu menjadi hari yang istimewa.

Dony Purnomo
Pengajar di SMAN 1 Purwantoro
donypurnomo88@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved