Citizen Reporter

Program Summer Course 5 Mahasiswa Thailand di UTM, 10 Hari Belajar Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura (PBI FIP UTM), menerima lima mahasiswa asing.

Program Summer Course 5 Mahasiswa Thailand di UTM, 10 Hari Belajar Bahasa Indonesia
foto: istimewa
Ilustrasi program summer course mahasiswa asing. 

PROGRAM Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura (PBI FIP UTM), menerima lima mahasiswa asing untuk mengikuti kegiatan summer course sekaligus mempelajari bahasa Indonesia, Kamis (13/2/2019).

Program summer course merupakan program khusus agar mahasiswa asing khususnya Thailand mampu belajar bahasa dan budaya Indonesia dan mempraktikkan saat mereka sudah kembali ke negara asalnya.

Acara ini diadakan selama 10 hari di UTM dan berakhir di Batu. Kali pertama, mereka diajarkan bahasa Indonesia oleh para tutor Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Mereka adalah lima mahasiswa PBI.

Para mahasiswa Thailand berlajar tentang kata dasar seperti kata makan, minum, dan mandi. Selain itu, mereka juga diberikan materi mengenal budaya dan bahasa Indonesia oleh beberapa dosen PBI UTM. Mereka diminta untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun dengan terbata-bata mereka mampu berbahasa Indonesia.

Mahasiswa Thailand sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan summer course. Mereka juga mencatat, mencari persamaan kata dalam kamus bahasa Indonesia dan Thailand agar mereka dapat menambah kosakata bahasa Indonesia lebih banyak.

“Saya sangat mencintai bahasa Indonesia. Saya senang bisa belajar di sini mendapatkan banyak teman baru. Saya cinta Indonesia dan saya akan belajar bahasa Indonesia pelan-pelan,” jelas Yutatip, mahasiswa Thailand.

Alul, Ketua BIPA PBI UTM, sangat mengapresiasi mahasiswa Thailand yang memiliki minat tinggi untuk belajar bahasa Indonesia. Mereka sudah berusaha belajar bahasa Indonesia secara perlahan dan menurutnya, itu sangat luar biasa.

“Semoga mereka tidak bosan datang ke UTM khususnya di PBI. Para tutor juga diharapkan tidak kalah dengan mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia lebih baik lagi,” imbuh Alul.

Setiap kegiatan yang sudah tersusun berjalan dengan lancar. Antuasiasme mahasiswa Thailand juga turut menambah semangat para mahasiswa pendamping BIPA untuk tetap kompak mengajarkan serta mengenalkan bahasa Indonesia lebih banyak lagi.

“Pengalaman luar biasa ini belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Saya banyak belajar dari mereka. Semoga saya bisa pergi ke Thailand untuk menjadi pengajar BIPA nantinya,” tutur Umaroh, salah satu pendamping BIPA.

Okta Diana Anggrayni
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura
oktagacon@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved