Citizen Reporter

BEM FIP Universitas Negeri Malang Gelar Nobar Debat Capres 2019, Mahasiswa Minim Peduli Pemilu

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP) Universitas Negeri Malang (UM) gelar nonton bersama (nobar) debat kedua calon presiden.

BEM FIP Universitas Negeri Malang Gelar Nobar Debat Capres 2019, Mahasiswa Minim Peduli Pemilu
foto: istimewa
Ilustrasi 

BADAN Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar nonton bersama (nobar) debat kedua calon presiden. Nobar berlangsung di depan Gedung Kuliah Bersama FIP, Minggu (17/2/2019).

Zidni, pengurus organisasi mahasiswa FIP UM menyampaikan, kepedulian terhadap pemilu masih minim di kalangan mahasiswa FIP, khususnya pemilih pemula yang cenderung bersikap tidak peduli terhadap pemilu.

Hal itu dibuktikan dengan masih sedikitnya mahasiswa FIP yang menanggapi sosialisasi prosedur pengurusan pindah pilih yang telah dilakukan oleh BEM FIP beberapa waktu lalu.

"Kebanyakan mahasiswa FIP, terutama pemilih pemula masih kurang antusias terhadap hal ini," sambung Zidni.

Minimnya kepedulian terhadap pemilu, membuat BEM FIP terus berusaha melakukan dobrakan. Salah satunya dengan diadakan nobar debat capres. Nobar debat dipilih karena jarang ada organisasi mahasiswa (ormawa) yang mengadakan acara serupa dan sebagai upaya untuk mencegah golput pada pemilih pemula.

Zidni menegaskan, acara itu tidak bertujuan untuk menyuruh mahasiswa memilih pasangan calon tertentu, tetapi bagaimana caranya agar mahasiswa kritis terhadap pelaksanaan debat dengan tema yang diangkat. Salain itu, penyelenggaraan nobar khusus untuk mahasiswa FIP UM juga untuk mempererat silaturahmi antarmahasiswa dan ormawa FIP.

]Nobar dibuka dengan sambutan Yoga Abi Zakaria, Ketua BEM FIP dan dilanjutkan ketua pelaksana dari Departemen Sosial dan Politik BEM FIP.

Dalam sambutannya, Yoga berharap mahasiswa tetap menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan. Posisi mahasiswa sebagai pemersatu masyarakat, bukannya turut memecah masyarakat dalam dua kubu pilihan capres.

Pada akhir sambutan, Yoga berharap agar nobar debat itu dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Mahasiswa pun dapat memilih sesuai dengan hati dan tetap bertumpu pada sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

Romaidah Indra Pratama
Mahasiswa Administrasi Pendidikan
Universitas Negeri Malang
romaidah17@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved