Citizen Reporter

Mengenal Masakan Nusantara ala Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surabaya

Penyaji adalah para siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surabaya yang melaksanakan ujian praktik Seni Budaya dan Prakarya.

Mengenal Masakan Nusantara ala Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surabaya
foto: istimewa
Siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surabaya melaksanakan ujian praktik Seni Budaya dan Prakarya. 

Aula SD Muhammadiyah 8 Surabaya disulap menjadi Restoran Masakan Nusantara. Ada berbagai sajian masakan dari daerah di Indonesia, seperti rawon, tahu campur, dan pecel (Jawa Timur), ayam betutu (Bali), coto (Makassar), gudeg (Yogyakarta), ayam taliwang (NTB), sate (Madura), rending (Sumatra), serta gulai patin (Jambi).

Penyaji berpakaian adat sesuai asal daerah masakan. Penyaji adalah para siswa kelas VI SD Muhammadiyah 8 Surabaya yang melaksanakan ujian praktik Seni Budaya dan Prakarya.

Ita Sumia, coordinator praktik mengatakan, praktik yang diujikan adalah sulam tusuk feston dengan emblem, membuat taplak yang telah dilaksanakan akhir Januari 2019. Selain itu, juga ada penyajian olahan.

"Selain sesuai dengan kisi-kisi ujian praktik, selanjutnya diharapkan siswa dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya jika ada baju yang sobek, tidak harus menunggu orang tua, siswa bisa menjahit/menambal sendiri," tutur Ita.
Dalam proses memasak, para siswa bekerja sama dengan orang tua mereka. Sebagian masakan sudah disiapkan dari rumah. Di sekolah siswa memasak pelengkap sajian. Ada yang memanggang roti, menggoreng ayam, menyiapkan salad buah, dan ada menyiapkan minuman.

Saat penilaian, siswa dalam satu kelompok berada di sekitar meja saji untuk menjawab setiap pertanyaan dewan juri didampingi perwakilan wali siswa. Sesuai dengan kriteria penilaian, selain rasa masakan dan penyajian juga kerja sama serta kekompakan antara siswa dengan wali siswa.

"Ayo Bu, beli gudegnya! Murah kok, satu piring cuma tukar satu tas saja," kelakar Umi Rafi, ibu dari Rafi, siswa kelas VI. Ia sedang menyiapkan sajian untuk dinikmati bersama.
"Untuk mencari resepnya saja sampai menghabiskan banyak paketan kuota data," lanjutnya sambil tersenyum.

Siti Jumaliah
Guru SD Muhammaidyah 8 Surabaya
sitijumaliah43@yahoo.co.id

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved