Berita Malang Raya

Kemiskinan Pedesaan di Jatim Tertinggi di Indonesia, Begini Cara Gubernur Khofifah Mengatasinya

Gubernur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk bisa melakukan percepatan penurunan kemiskinan, khususnya di pedesaan

Kemiskinan Pedesaan di Jatim Tertinggi di Indonesia, Begini Cara Gubernur Khofifah Mengatasinya
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan sebagai Wanita Satu Digit oleh Badan Musyawarah Antar-Gereja Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia (Bamag LKKI), Rabu (6/3/2019). 

SURYA.co.id | BATU - Gubernur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk bisa melakukan percepatan penurunan kemiskinan, khususnya di pedesaan. Hal itu ia sampaikan usai menerima penghargaan sebagai Wanita Satu Digit oleh Badan Musyawarah Antar-Gereja Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia (Bamag LKKI) di Kota Batu, Rabu (6/3/2019).

Menurut Gubernur Khofifah, disparitas atau kesenjangan begitu terasa di Jawa Timur, khususnya antara kemiskinan perkotaan dan pedesaan.

"Kemiskinan khususnya pedesaan Jawa Timur masih nomor satu di Indonesia. Ini tantangan bagi saya sebagai Gubernur Jawa Timur untuk mencari solusi konkrit bagaimana menurunkan kemiskinan bisa dipercepat," kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menyebut cara mengurangi disparitas ini ratio kemiskinan antara perkotaan dan desa dan juga menurunkan disparitas kemajuan pembangunan di kawasan Jawa Timur bagian selatan dan kawasan Jawa Timur bagian utara.

"Kalau kemiskinan di kota cenderung sudah rendah. Di Batu ini angkanya kemiskinannya 3,9 persen, untuk kemiskinan di Surabaya 4,7 persen. Nah untuk kemiskinan di desa itu sampai 11,8 persen," sambungnya.

Dalam menjalankan pemerintahan bersama Wagub Emil Elestianto Dardak, Khofifah menerapkan pembagian untuk penanganan permasalahan di Jawa Timur

Jika biasanya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) adalah Wagub. Tapi untuk Jawa Timur, Wagub Emil Dardak meminta agar Gubernur Khofifah yang menangani masalah tersebut.

"Saya bilang oke saya yang menangani TKPKD, tapi untuk percepatan wilayah selatan saya sampaikan bahwa itu akan menjadi leading sectornya di Wagub Emil," tegasnya.

Ia berharap dengan diterimanya penghargaan dari Bamag LKKI ini bisa memacu dirinya untuk segera menemukan formulasi dan menerapkannya di Jawa Timur untuk memacu penurunan kemiskinan di pedesaan.

Di sisi lain Khofifah menyebut bahwa ia mengaku berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Bamag LKKI dimana penghargaan itu diberikan dari catatan perjalanan Khofifah saat menjadi Menteri Sosial.

"Saya juga kaget karena catatannya bisa lengkap seperti itu. Semoga ini bisa menjadi pemacu semangat kami untuk bisa menurunkan kemiskinan di Jawa Timur dengan cepat," pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved