Citizen Reporter

Perpus Keliling Singgah SDN Sidosermo I, Dongeng tentang Cika dan Hujan Bikin Anak-anak Rileks

Dongeng tentang Cika dan hujan itu mampu membuat anak-anak merasa rileks. Apalagi dilengkapi dengan adanya mobil perpustakaan keliling.

Perpus Keliling Singgah SDN Sidosermo I, Dongeng tentang Cika dan Hujan Bikin Anak-anak Rileks
foto: istimewa
Para siswa SDN Sidosermo I menyambut mobil perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, Senin (11/2/2019). 

Kalau sedang hujan enaknya ngapain, ya? Ada yang bilang paling enak makan. Ada juga yang bilang kalau sedang hujan enaknya tidur. Akan tetapi, yang paling menyenangkan saat hujan datang adalah main hujan-hujan, apalagi jika hujannya turun dengan deras. Pasti sangat menyenangkan.

Hampir semua anak suka main hujan, tetapi ada lho anak yang tidak suka dengan hujan. Namanya Cika. Karena saat hujan datang dia tidak bisa bermain di lapangan. Sampai suatu saat dia bertemu dengan peri hujan yang mengajaknya ke dunia flora dan fauna. Di sana Cika melihat bagaimana tanaman padi dan tanaman lainnya berdendang senang menyambut turunnya hujan. Begitu juga dengan ikan-ikan yang ada di sungai.

Dongeng tentang Cika dan hujan itu mampu membuat anak-anak merasa rileks. Apalagi dilengkapi dengan adanya mobil perpustakaan keliling. Dongeng yang disampaikan mampu membuat anak-anak semakin penasaran dengan isi buku yang ada di perpustakaan keliling.

Itu sebuah ajakan membaca dengan cara yang menyenangkan yaitu mendongeng dari salah satu buku koleksi perpustakaan keliling.
Mobil perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya berkunjung ke SDN Sidosermo I sejak pukul 08.00, Senin (11/2).

Itu kunjungan yang selalu dinanti siswa, karena mereka bisa membaca koleksi selain di perpustakaan sekolah. Paket mobil perpustakaan keliling ditambah dengan adanya dongeng merupakan sebuah cara untuk mengajak membaca dengan cara yang menyenangkan.

Menurut Ajeng Astri, petugas perpustakaan SDN Sidosermo I, kunjungan mobil perpustakaan keliling dengan disertai dongeng selalu dinantikan siswa dan sudah pasti siswa akan menyambut dengan antusias.

Hal itu terbukti dengan diserbunya mobil perpustakaan keliling oleh para siswa pada saat jam istirahat. Ternyata tidak hanya oleh siswa, tetapi guru dan kepala sekolah pun sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

Nur Hayati
Petugas Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo
perpusngagelrejo@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved