Advertorial

Pemkab Blitar Dorong Petani Semangat Menanam Jagung

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Wawan Widianto, mengatakan panen raya ini untuk mendorong petani agar bersemangat menanam jagung

Pemkab Blitar Dorong Petani Semangat Menanam Jagung
surya/samsul hadi
Para petani memetik jagung saat acara panen raya jagung di Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Selasa (5/3). 

SURYA.co.id | BLITAR - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Wawan Widianto, mengatakan kegiatan panen raya ini untuk mendorong petani agar bersemangat menanam jagung. Apalagi ada penandatangan kerja sama antara kelompok peternak dan kelompok petani dalam pembelian hasil panen jagung.

"Harapannya, dengan kegiatan ini petani lebih semangat menanam jagung," kata Wawan usai acara panen raya jagung di Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Selasa (5/3/2019).

Wawan mengatakan kerja sama petani dan peternak ini saling menguntungkan. Petani dapat menjual hasil panen jagung dengan harga di atas pasaran. Sedangkan, peternak juga mendapatkan jagung untuk pakan ternak ayam dengan kualitas bagus.

Panen Raya Jagung di Kabupaten Blitar, Petani dan Peternak Bersinergi Penuhi Kebutuhan Jagung

"Kalau kualitas jagung bagus, produksi telur ayam juga akan maksimal. Kerja sama ini saling menguntungkan baik untuk peternak maupun petani," ujarnya.

Untuk panen raya tahun ini ada sekitar 53.000 hektare tanaman jagung di Kabupaten Blitar.

Hasil panennya dirata-rata sekitar 6 ton jagung per hektare. Sedangkan khusus di Desa Tulungrejo ada sekitar 425 hektare tanaman jagung yang akan panen tahun ini.

Dikatakannya, dinas juga memberikan bantuan bibit jagung ke para petani di Desa Tulungrejo. Bantuan bibit jagung yang diberikan ke petani untuk lahan seluas sekitar 290 hektare.

"Kami berharap para petani mau mengembangkan tanaman jagung," ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Drh Adi Andaka MSi, mendorong peternak agar bersinergi dengan petani untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

Dia juga berharap para petani memaksimalkan lahan yang ada untuk menanam jagung.

"Peternak dan petani harus saling melengkapi," katanya.

Dikatakannya, kebutuhan jagung untuk pakan ternak ayam sangat tinggi.

Para peternak membutuhkan sekitar 1.500 ton jagung per hari untuk pakan ternak ayam.

Sedangkan produksi telur ayam di Kabupaten Blitar mencapai 600 ton per hari.

"Kami berharap petani terus memaksimalkan lahan yang ada untuk menanam jagung. Agar kebutuhan jagung untuk pakan ternak ayam di Kabupaten Blitar bisa terus stabil," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved