Citizen Reporter

Boleh Bacatalks Bertajuk Bongkar Idemu, Jadilah Penulis Kreatif: Penulis itu Bebas Menulis Apapun

Boleh Bacatalks mengadakan acara yang digelar bolehbaca.com dengan tema Bongkar Idemu, Jadilah Penulis Kreatif, Rabu (13/2/2019).

Boleh Bacatalks Bertajuk Bongkar Idemu, Jadilah Penulis Kreatif: Penulis itu Bebas Menulis Apapun
foto: istimewa
Suasana Boleh Bacatalks dengan tema Bongkar Idemu, Jadilah Penulis Kreatif, Rabu (13/2/2019). Event ini digelar Bolehbaca.com. 

BOLEH BACATALKS mengadakan acara yang digelar bolehbaca.com dengan tema Bongkar Idemu, Jadilah Penulis Kreatif, Rabu (13/2/2019). Mereka mendatangkan penulis novel Mariposa, Luluk Hidayatul Fajriyah yang juga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu, hadir juga penulis cerita Memotret Senja, Sherlinda Octa.

Kedua penulis memberikan tips menulis dan berbagi tentang kepenulisan mereka. Peserta antusias dengan aktif bertanya. Sebagian peserta juga merupakan penulis.

Octa mengawali kisahnya. Ia rajin mengikuti lomba-lomba penulisan sehingga naskah lomba dikumpulkan menjadi sekumpulan karya yang dibukukan. Ia menunjukkan tips menulis, yaitu practive,diawali dengan terus berlatih menulis. Kedua creativity, dengan cara membaca buku untuk mencari karakter tulisan serta keunikan gaya tulisan. Ketiga time, luangkan waktu untuk membaca dan menulis.Keempat correction, jangan mudah menyerah ketika ada yang harus diubah.

Hal yang menarik sebagai penulis adalah bebas. Itu diungkapkan Luluk. “Untuk mengawali sebuah tulisan perlu ide dan jangan pernah takut tulisan kita jelek. Penulis itu bebas menulis apapun,” katanya.

Menurut Luluk, ia tidak memiliki dasar menulis. Ia hanya suka membaca karya orang lain. Itu yang mendoongnya untuk akhirnya suka menulis.

“Orang yang suka menulis harus suka membaca. Dari membaca itu muncul banyak pertanyaan mulai dari konflik, karakter, dan sebagainya. Akhirnya ingin membuat cerita sendiri dengan konflik yang berbeda,” kata Luluk.
Luluk hanya ingin menulis. Akan tetapi, dengan perkembangan zaman, banyak media yang digunakan sebagai ajang promosi. Salah satu cara promosi yang mudah melalui media sosial. Agar pembaca bertambah banyak, tulisan juga ditambah lagi karena itu menjadi penulis harus pintar mencari pembaca.
Langkah awal menjadi penulis dengan membuat ide cerita dan mengubah mindset agar tetap optimistis, serta gali keunikan dari diri sendiri. Luluk mengingatkan untuk menjaga kemauan atau niat, sering membaca buku, banyak berlatih, selalu mencatat ide-ide, selalu berusaha, dan yang terakhir jangan lupa berdoa.

Ainul Bariroh
Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Malang
ainulbariroh03@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved