Citizen Reporter

Satu Jam Membaca Bersama, Program SMPN 1 Krembung Sidoarjo, ini Tujuannya

Siswa SMPN 1 Krembung, Sidoarjo, berkumpul di aula untuk melaksanakan kegiatan berbudaya literasi, Jumat (1/2/2019).

Satu Jam Membaca Bersama, Program SMPN 1 Krembung Sidoarjo, ini Tujuannya
foto: istimewa
SISWA SMPN 1 Krembung, Sidoarjo melaksanakan kegiatan berbudaya literasi, Jumat (1/2/2019). Kegiatannya bervariasi, seperti membaca buku, membaca majalah, hingga menanggapi isu-isu terkini. 

SISWA SMPN 1 Krembung, Sidoarjo, berkumpul di aula untuk melaksanakan kegiatan berbudaya literasi, Jumat (1/2/2019). Kegiatannya bervariasi, seperti membaca buku, membaca majalah, hingga menanggapi isu-isu terkini.

Namun, hari itu terasa spesial karena mereka menanggapi HUT ke-160 Sidoarjo. Kegiatan dipandu Hera, guru Bahasa Indonesia dan Mamik, petugas perpustakaan.

“Kegiatan itu untuk meningkatkan minat membaca siswa, terus gemar membaca, dan diharapkan pengetahuan siswa juga berkembang,” kata Hera.

Kegiatan dimulai pukul 07.00. Sebelum kegiatan dimulai, Hera menginstruksikan kepada siswa untuk berkumpul membentuk lingkaran sesuai kelasnya. Selanjutnya, Mamik membagikan buku dan majalah terkini untuk bahan membaca dan siswa membaca bersama dengan tertib.

Selesai membaca, siswa mempresentasikan apa yang dia baca di depan teman-temannya. Siswa yang lain menyimak penjelasan yang disampaikan. Itu dilakukan bergantian agar ilmu yang didapat siswa tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga dibagikan untuk temannya.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu siswa, yaitu membahas isu-isu terkini yang terjadi sekitar mereka. Saat itu mereka membahas mengenai HUT Sidoarjo.

Awalnya, salah satu siswa membacakan sejarah terbentuknya Sidoarjo. Setelah itu, setiap perwakilan kelas yang mewakili untuk ke depan menerima tantangan menjawab pertanyaan seputar HUT Sidoarjo.

Siswa yang menjawab pertayaan dengan benar akan mendapat hadiah dari petugas perpustakaan.
Pukul 08.00 kegiatan budaya literasi diakhiri. Pada dasarnya aktivitas itu membawa misi untuk meningkatkan budaya literasi siswa.

Moch Hasan Bhasri
Mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya
bhasrihasan11@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved